Car Review Indonesia

 
 
Inilah Perbedaan Toyota Calya Dengan Daihatsu Sigra Yang Baru Saja Diluncurkan Versus
| 11 August, 2016
 
 

Inilah Perbedaan Toyota Calya Dengan Daihatsu Sigra Yang Baru Saja Diluncurkan

 

Hari ini, Selasa (2/8), Toyota dan Daihatsu kembali meresmikan hasil kolaborasi passenger car terbarunya. Di hadapan media nasional dan tamu VIP wujud Toyota Calya dan Daihatsu Sigra diperkenalkan.

Memilih tempat di pabrik perakitan PT Astra Daihatsu Motor, di Karawang Asembly Plant, Karawang, Jawa Barat. Kehadiran keduanya disambut antusias oleh para tamu undangan. Tak lupa jajaran dari Kementrian Perindustrian juga nampak hadir untuk menyaksikan salah satu karya anak bangsa yang dibuat 94% menggunakan komponen lokal.

Cayla sendiri mengusung nama dari bahasa sansekerta yang berarti sempurna, sedangkan Sigra memiliki arti responsif. Meski keduanya menyasar segmen LCGC MPV, dalam peluncuran kali ini Toyota dan Daihatsu tampil all out dan langsung menghadirkan 2 varian tertinggi yang meluncur mulus di atas panggung.

Carreview.id pun berkesempatan mendekatinya, meskipun pintu kedua unit mobil sengaja dikunci guna memagari awak media yang ingin mengambil gambar interior. Paling tidak perbedaan eksterior keduanya dalam pembahasan kali ini, sedikit mengobati rasa penasaran para calon konsumen di tanah air.

Dimulai dari bagian depan, keduanya mengusung gril lebar yang terlihat menyatu dari lampu kanan hingga kiri. Perbedaan signifikan dapat dilihat dari bentuk foglamp keduanya, pada Calya terletak di pojok bumper seperti Avanza, sedangkan Sigra memiliki foglamp dengan list chrome lebih lebar hingga menginterupsi bentuk gril. 

Calya memiliki foglamp memanjang ke bawah

Lebih selaras bentuk bumper menjadi desain foglamp Sigra

Masih di bagian depan, emblem Calya menggunakan lambang Garuda seperti yang kita lihat di Agya, sementara Sigra menggunakan emblem logo S di depan sebagai ciri khas.

Logo Garuda khas LCGC pada Calya

Logo S melambangkan nama Sigra

Melirik ke bagian samping, moulding chrome terlihat mempermanis bagian pintu bawah Sigra, sementara Calya lebih memilih polos. Masih di sisi samping, sedikit di atas pintu Sigra terlihat penggunaan aksesoris talang air yang tidak diikuti oleh Calya.

Calya memilih bagian samping polos di bodi

Pemanis di bawah pintu dengan moulding chrome

Saatnya berjalan ke belakang. Jika dicermati, sekilas tidak ada yang berbeda dari bentuk buritan kedua mobil ini. Hanya saja, menurut kami Sigra sedikit lebih unggul di banding Calya. Pasalnya, setelah penggunaan susunan lampu dan garnish yang sama, di bagian bawah terlihat knalpot Sigra lebih besar, dengan adanya muffler tip, dibandingkan Calya yang nampak hanya mengandalkan pipa yang ‘polos’.

Toyota Calya tak memasang muffler tip di ujung knalpot

Muffler tip pada Sigra, menjadi pemanis di ujung knalpot

Untuk kosmetik lainnya, jika dilihat sekilas antara Toyota Calya tipe G dan Daihatsu Sigra R Deluxe Anda tidak akan menemukan perbedaannya. Keduanya juga sama - sama menggunakan pelek two-tone berdiameter 14 inci, berbalut ban Bridgestone Ecopia EP150 175/65R14.

Menggunakan pelek 14 inci two-tone

Sama dengan Calya pelek diameter 14 inci dengan motif beda

Talang air belum terpasang pada Calya

Sigra sudah melengkapi jendela dengan talang air

Jika penasaran dengan harga yang ditawarkan, mulai hari ini Anda sudah dapat menanyakan keduanya di dealer Toyota dan Daihatsu terdekat. Range harga yang ditawarkan berkisar di angka Rp 106 juta - Rp 149 juta (On The Road) untuk Sigra, sementara Calya berbanderol Rp 129,65 juta - Rp 150 juta (On The Road).

Kedua varian tertinggi juga telah dilengkapi standar keselamatan dan keamanan seperti Side Impact Beam, ABS dan Dual SRS Airbags, kunci dengan Immobilizer. 

Hanya saja, fasilitas autolock yang ada pada Calya tak tersedia di Sigra. Autolock ini berfungsi mengunci pintu secara otomatis ketika kecepatan kendaraan mencapai 20 km/jam.

Baca juga :

ASEAN NCAP : Fitur Inilah Penyebab Hasil Uji Tabrak Calya – Sigra Berbeda

Impresi Berkendara Toyota Calya Tipe G Matik dan Manual Melibas Pegunungan

Apa Saja Perbedaan Fitur Toyota Calya vs Daihatsu Sigra

Perbedaan Karakter Sigra Matik vs Manual

Perbedaan Harga Tiap Tipe Toyota Calya vs Daihatsu Sigra

Toyota Calya vs Datsun Go+ Panca

Tag : #Daihatsu Sigra  #Toyota Calya  #Tipe Tertinggi 

Share this article

Updates

Car Review

Tentang CarReview.id

Car Review, disajikan bagi pengguna dan calon pengguna mobil di Indonesia. Di antara sekian banyak pilihan dan ragam mobil, kami mengerti kebutuhan Anda akan informasi yang detail terhadap mobil pilihan. Untuk itu kami memberikan referensi komparatif tentang seluk beluk mobil di Indonesia.. [lanjut]