Jiplakan Ford F-150 Raptor muncul di Cina dengan mesin turbodiesel.

Jiplakan Ford F-150 Raptor Muncul di Cina, Seperti Ini Perbedaan Spesifikasinya

 
Jiplakan Ford F-150 Raptor Muncul di Cina, Seperti Ini Perbedaan Spesifikasinya

Jiplakan Ford F-150 Raptor muncul di Cina dengan mesin turbodiesel.

Kasus penjiplakan desain bukan hal yang baru di industri otomotif Cina. Kali ini giliran Ford F-150 Raptor yang menjadi sumber inspirasinya.

Seperti dilaporkan oleh Carscoops.com (18/11), contekan pick up ini dibuat oleh pabrikan Projen, akan tetapi belum siap untuk dipasarkan. Dikabarkan bahwa pabrikan Cina ini memiliki kesulitan untuk membawa produknya menggelinding ke pasar.

Sejarah mencatat bahwa pada 2012 silam, JAC Motors meluncurkan produk salinan Ford F-150, namun sepertinya Ford berhasil melayangkan keberatannya pada JAC dan hasilnya produk fotokopi tersebut batal dijajakan.

Walau diakui bahwa saat itu Ford mengatakan bahwa pihaknya mengalami kesulitan untuk mencegah ‘pencurian’ desain di Cina. Mungkin hal inilah yang juga tengah dihadapi oleh Projen saat ini.

Dari segi desain, kemiripan dapat langsung dilihat dari grill dan kisi-kisi depan. Kemiripan pun merambah ke bagian lampu depan, penggunaan skidplate di bagian depan dan beberapa bagian lainnya.

Walau demikian secara penampilan, pick up ini tidak bisa dikatakan cukup enak untuk dipandang jika dibandingkan dengan tampilan F-150 Raptor orisinil. Tampilan Projen dinilai kurang proposional dan seperti memaksakan desain yang ada. 

Projen menggunakan mesin 2.500 cc turbodiesel, sedangkan F-150 Raptor terkini dipersenjatai dengan mesin V6 3.500 cc Ecoboost.

Jiplakan Raptor
The Original F-150 Raptor

 

 
Related
Updates

otodriver.com