Dari namanya mungkin dapat kita simpulkan bahwa mobil ini memiliki banyak kesamaan. Tapi tunggu dulu, berikut ini kami tampilkan beberapa perbedaannya. Banyak juga ya.

Komparasi : Beberapa Perbedaan Antara Civic Hatchback dengan Type R

 
Komparasi : Beberapa Perbedaan Antara Civic Hatchback dengan Type R

Dari namanya mungkin dapat kita simpulkan bahwa mobil ini memiliki banyak kesamaan. Tapi tunggu dulu, berikut ini kami tampilkan beberapa perbedaannya. Banyak juga ya.

Bagi para fans setianya, Honda Civic Type R sudah pasti menjadi model yang paling ditunggu-tunggu.

Melihat hal tersebut, PT Honda Prospect Motor bergerak cepat dengan menghadirkannya di GIIAS 2017 lalu. Alhasil, sejak hari pertama pameran berlangsung, mobil ini langsung diserbu para pecintanya yang sudah tak sabar.

Secara umum, mobil ini memiliki perwujudan bodi yang menyerupai Honda Civic hatcback yang beberapa waktu silam diperkenalkan di tanah air.

Akan tetapi secara performa keduanya sangat berbeda. Sosok Type R menggunakan mesin K20C 2.000 cc turbo dengan muntahan daya 306 dk dan torsi 400 Nm, sementara Civic hatchback menggunakan mesin 1.500 cc turbo dengan daya 170 dk dan  torsi 219 Nm.

Perbedaan pada keduanya juga terlihat pada transmisi yang digunakan, jika Type R hanya tersedia dalam transmisi 6-percepatan manual saja. Honda Civic hatchback malah hanya hadir dengan transmisi CVT.

Secara fisik, perbedaan antara Civic Hatchback dan Type R dapat ditengarai melalui perangkat bodi kit berupa spoiler besar di bagian buritan dan tiga corong knalpot menjadi ciri khas Type R. Demikian pula dengan bagian depan tampak tambahan perangkat aerodinamika berupa airdam pada bagian bawah bumper depan.

Memiliki track roda yang lebih lebar menyebabkan Type R menggunakan tambahan wide body pada bagian depan, sedangkan untuk menyelaraskan dengan lebar bagian depannya, rongga roda bagian belakang ditambahi dengan overfender.

Wide body pada fender depan dilengkapi dengan louvre besar untuk menggiring keluar panas pada ruang mesin.

Wide body dan louvre jadi ciri Type R
pelek R 20 dan rem Brembo jadi ciri Type R

Pelek 20 inci dengan balutan ban hi performance menjadi sepatu standar bagi Type R. Selain memiliki diameter lebih besar dibandingkan dengan pelek 17 inci milik Civic hatchback, pelek Type R ini pun lebih lebar sehingga mampu menghadirkan cengkraman roda yang lebih baik.

Untuk urusan dalam, tampilan dashbor tidak banyak perbedaan. Perbedaan mencolok justru hadir dari sepasang jok bucket merah khas milik Type R.

Tambahan spoiler, wide body maupun penggunaan lingkar roda yang lebih besar, tak lantas membuat Type R jadi mobil yang kelebihan berat.

Civic Type R mencatat bobot 1.360kg sebagai bandingan Civic Hatchback di angka 1.349 kg. Tercatat hanya 11 kg lebih berat, namun perlu diingat, Rasio bobot dan muntahan daya mesin Type R hampir dua kali lipat dibandingkan tipe hatchback.

Jumlah terbatas dan performa seperti ini, maka Type R pun dibanderol dengan harga dua kali lipat dibandingkan hatchback. Di pasar Indonesia, sebuah Type R dibanderol Rp 995 juta, sedangkan Civic hatchback tipe tertinggi (E) hanya menyentuh harga Rp 438 juta saja.

Civic Type R 
Civic Hatchback

 

 
Related
Updates

otodriver.com