Dibangun menggunakan platform yang sama, ada banyak perbedaan yang ditampilkan kedua mobil ini. Apa saja?

Komparasi : Desain dan Mesin Next Gen Supra vs BMW Z4 Concept

 
Komparasi : Desain dan Mesin Next Gen Supra vs BMW Z4 Concept

Dibangun menggunakan platform yang sama, ada banyak perbedaan yang ditampilkan kedua mobil ini. Apa saja?

Kerjasama antara BMW dengan Toyota telah menghasilkan dua varian mobil berperforma tinggi yakni BMW Z4 dan Next Gen Toyota Supra.

Sebagai permulaaan, sosok BMW Z4 Concept akan menggunakan panggung Frankfurt Auto Show 2017 sebagai tempat debutnya. Sebelumnya, Z4 Concept juga telah nongol pada pameran yang terbatas di Concours d’Elegance di Pebble Beach bulan lalu.

Walaupun diternakkan dari platform yang sama, namun banyak perbedaan yang disuguhkan antara keduanya.

Toyota memang belum menampilkan secara tuntas wujud Supra secara utuh. Wujud yang dipublikasikan terakhir kali masih sebatas model dengan balutan stiker komuflase yang cukup rapat. Namun hal tersebut tak bisa menyembunyikan bentuk badannya yang cenderung membulat. Hal ini sangat berbeda dengan tampilan Z4 memiliki penampilan lebih menyudut.

Walau demikian keduanya sama-sama memiliki penampilan yang cukup rumit dengan lekukan-lekukan ekstrim.

Seperti dipaparkan oleh indianautosblog.com (12/9), Z4 memiliki penampilan moncong yang cukup sangar dengan desain laksana hiu. Grill berbentuk ginjal yang jadi cirinya nampak tegas. Sedangkan pada bagian buritan pun memiliki desain yang tak kalah rumit dengan lampu belakang yang menyipit dengan difusser di buritan bawahnya. 

Sedangkan dari sisi samping Z4 disertai dengan lekukan-lekukan tajam yang dimulai dari louvre pada fendernya.

Jika next gen Supra disebut-sebut akan menggunakan mesin 3000 cc berdaya 400 dk dan pilihan mesin hybrid, maka Z4 justru dilengkapi dengan mesin yang lebih jinak, pilihan mesin 4 silinder 2.000 cc turbo hanya mampu menghasilkan daya 180 dk.

Tak hanya itu, tersedia pula mesin 2.000 cc turbo dengan daya maksimal 248 dk. Pilihan lainnya adalah mesin enam silinder inline 3.000cc dengan torehan daya puncak 320 dk saja. 

 

 
Related
Updates

otodriver.com