Toyota telah merilis Venturer dan Crysta sebagai varian tertinggi dalam keluarga Innova yang dipasarkan di Indonesia dan Thailand. Lalu, apa saja perbedaan keduanya?

Komparasi : Desain dan Mesin Toyota Innova Venturer vs Toyota Innova Crysta

 
Komparasi : Desain dan Mesin Toyota Innova Venturer vs Toyota Innova Crysta

Toyota telah merilis Venturer dan Crysta sebagai varian tertinggi dalam keluarga Innova yang dipasarkan di Indonesia dan Thailand. Lalu, apa saja perbedaan keduanya?

Pada Januari lalu, PT Toyota Astra Motor telah memperkenalkan Innova Venturer yang disebut sebagai varian tertinggi dari keluarga Innova untuk pasarkan tanah air.

Sementara itu di Thailand, Toyota juga melansir saudara kembar Venturer yang diberi nama Innova Crysta.

Meskipun dibuat dengan kerangka dan jantung yang sama, namun ada beberapa perbedaan tampilan pada keduanya demi menyesuaikan selera pasar di negara masing-masing.

Berikut beberapa perbedaan yang terdapat pada kedua tipe tertinggi dalam keluarga Innova yang dipasarkan di Indonesia dan Thaliand.

Eksterior

Dimulai dari eksterior Innova Venturer, bagian depan langsung terlihat grill yang diberi kelir hitam dan beberapa lis aksen chrome hingga bagian fog lamp untuk menghadirkan kesan macho. Agar terlihat modern, head lamp juga telah menggunakan LED Projector.

Beranjak ke bagian belakang, kita langsung melihat reflektor pada bagian bumper yang dikelilingi oleh aksen hitam, dan hadirnya garnish di atas pelat belakang yang tidak ditemukan pada Toyota Kijang Innova tipe lainnya.

 

Sedangkan di bagian kak-kakii, Venturer dilengkapi pelek berdiameter 17 inci yang diberi kelir hitam.

Sementara untuk Innova Crysta, pelek 17 inci yang digunakannya hadir dengan cat warna silver. Sektor head lamp juga telah menggunakan lampu LED. Namun, hilangnya aksen chrome di bagian bumper serta body kit pada Crysta telah membuat komposisi warnanya terlihat lebih elegan.

Mesin

Beralih ke bagian jantung pacu, Innova Venturer ditawarkan dengan 2 pilihan mesin, yaitu bensin 2.000 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 136 dk serta torsi 182 Nm dan mesin diesel 2.400 cc bertenaga 148 dk dan torsi 360 Nm.

Senada dengan Venturer, Crysta juga punya 2 pilihan mesin. Mesin yang pertama adalah bensin 2.000 cc 4 silinder Dual VVT-I yang sama seperti Venturer. Namun, Toyota Thailand menghadirkan diesel yang berbeda dengan Venturer, yaitu 2.800 cc Turbo bertenaga 178 dk serta torsi 450 Nm.

Harga

Dipasarkan di Indonesia, Toyota Innova Venturer tersedia dalam 4 tipe yang bisa Anda pilih. Tipe Q 2.0 bertransmisi manual seharga Rp 388 juta, tipe Q 2.0 bertransmisi otomatik dibanderol Rp 408 juta, Tipe Q 2.4 bertransmisi manual dihargai Rp 426 juta, dan tipe termahal yaitu 2.4 Q bertransmisi otomatik dilabeli harga Rp 447 juta.

Sedangkan Innova Crysta di Thailand hanya punya 3 tipe saja, antara lain tipe 2.0 E dengan transmisi manual berharga 1.1 Juta Baht atau setara dengan Rp 443 Juta, tipe 2.8 G bertransmisi otomatik dengan harga 1.2 Juta Baht atau setara dengan Rp 471 juta dan tipe 2.8 V bertransmisi otomatik berharga 1,36 Juta Baht atau setara dengan Rp 535 juta.

 
Related
Updates

otodriver.com