Dunia maya sempat dibuat gempar oleh kehadiran double cabin lansiran dalam negeri, yakni Esemka Digdaya. Mampukah produk kebanggaan Indonesia ini mengungguli para rivalnya?

Komparasi : Dimensi dan Performa Esemka Digdaya vs Toyota Hilux vs Nissan Navara vs Mitsubishi Triton

 
Komparasi : Dimensi dan Performa Esemka Digdaya vs Toyota Hilux vs Nissan Navara vs Mitsubishi Triton

Dunia maya sempat dibuat gempar oleh kehadiran double cabin lansiran dalam negeri, yakni Esemka Digdaya. Mampukah produk kebanggaan Indonesia ini mengungguli para rivalnya?

Segmen D-Cab di Indonesia kembali kedatangan pemain baru. Meski belum resmi, namun ini bisa menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya.

Ya, pemain baru di segmen pikap Double Cabin tersebut digembar-gemborkan sebagai hasil karya anak bangsa yang mengusung nama Esemka Digdaya.

Digdaya berhasil membuat heboh dunia maya saat wujudnya terpergok sedang seliweran di kota Solo. Meski pada kenyataannya mobil ini belum resmi dipasarkan oleh PT Adiperkasa Citra Esemka.

Meski belum ada klarifikasi dari pihak Esemka terkait spesifikasi dan harga jualnya, namun Double Cabin yang mengambil basis dari Foday F22 ini masih bisa disandingkan dengan nama-nama tenar di kelasnya, seperti Nissan Navara, Mitsubishi Triton, dan Toyota Hilux dari segi dimensi dan performa.

Dimensi

Esemka Digdaya memiliki panjang 5.219 mm, lebar 1.870mm, tinggi 1.844mm, dan sumbu roda 3.100 mm.

Sementara Mitsubishi Triton berdimensi panjang 5.255 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.795 mm dan bersumbu roda 3.000 mm.

Berbeda dengan Nissan Navara, mobil ini memiliki dimensi panjang 5.255 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.820 mm, dan berjarak sumbu roda 3.150 mm.

Sedangkan pick up lansiran Toyota, Hilux memiliki panjang memiliki panjang 5.355 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.820 mm, dan bersumbu roda 3.085 mm.

Mesin

Esemka Digdaya kemungkinan akan ditenagai oleh 2 pilihan mesin , yakni mesin bensin 2.400cc bertenaga 133 dk dengan torsi 200 Nm dan mesin diesel 1.800 cc dengan tenaga 133 dk dan torsi 300 Nm.

Mitsubishi Triton dianugerahi mesin diesel 2.500 cc bertenaga 136 dk dan torsi 360 Nm, Nissan Navara berbekal mesin diesel 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 190 dk serta torsi 400 Nm, dan Hilux membopong mesin diesel 2.500 cc bertenaga 144 dk dan torsi 343 Nm. Tentunya keempat model ini memiliki penggerak 4 roda.

Kesimpulan

Dari segi dimensi, Esemka Digdaya merupakan Double Cabin yang paling pendek namun paling lebar dibanding ketiga model yang dibandingkan.

Sementara jika mengacu dari data performa, Digdaya masih tertinggal jika dibandingkan ketiga Double Cabin yang dibandingkan tersebut.

Meski belum rilis harga resminya, tetapi Esemka Digdaya disinyalir akan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibanding pikap Double Cabin lainnya. Hal ini dikarenakan pilihan baru mobil komersial ini buatan dalam negeri sehingga pajaknya akan lebih murah dibandingkan mobil CBU seperti kompetitornya.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com