Meski sama-sama dipersenjatai mesin diesel 2.500 cc, namun antara Trailblazer dengan MU-X memiliki tenaga dan torsi yang berbeda. Apalagi perbandingan lainnya?

Komparasi : Dimensi, Fitur, Performa, dan Harga Chevrolet Trailblazer vs Isuzu MU-X

 
Komparasi : Dimensi, Fitur, Performa, dan Harga Chevrolet Trailblazer vs Isuzu MU-X

Meski sama-sama dipersenjatai mesin diesel 2.500 cc, namun antara Trailblazer dengan MU-X memiliki tenaga dan torsi yang berbeda. Apalagi perbandingan lainnya?

Jejeran mobil SUV turut meramaikan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada 10-20 Agustus di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Di antaranya diisi pemain-pemain lama seperti Isuzu MU-X yang baru saja mengalami penyegaran sebelum GIIAS 2017 dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan Chevrolet Trailblazer yang diluncurkan oleh  PT General Motor Indonesia , Chevrolet Trailblazer.

Keduanya memang seperti pinang dibelah dua, karena memang berasal dari basis serupa. Tetapi apa saja perbedaan di antara kedua SUV ini? Simak lebih lanjut.

Dimensi

Basis boleh jadi serupa, tetapi dimensi antara Isuzu MU-X dengan Trailblazer memiliki perbedaaan. Jika dimensi Chevrolet Trailblazer terdiri dari panjang 4.887 mm, lebar 1.902 mm, dan tinggi 1.852, sementara dimensi keseluruhan Isuzu MU-X sedikit lebih kecil, yaitu memiliki panjang 4.825 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.840 mm.

Satu hal yang menjelaskan keduanya memiliki basis serupa adalah jarak sumbu roda depan dan belakangnya. Masing-masing memiliki wheelbase 2.845 mm.

Fitur

Saat ini, tak ada lagi istilah jika SUV hanya mendapat perangkat yang seadanya. Tak kalah oleh sedan, beberapa fitur unggulan diberikan kepada konsumen masing-masing SUV ini.

Chevrolet Trailblazer dilengkapi fitur-fitur canggih yang meliputi AC otomatis, power window otomatis di seluruh jendela, cruise control, MyLink Infotainment System berukuran 8 inci dengan fitur Mirroring, Apple Car Play dan Android Auto, dan MID yang dilengkapi dengan tampilan tekanan angin ban, dan Remote Engine Start with Remote AC.

Selain fitur utama, Trailblazer juga disematkan beberapa fitur keselamatan tercanggih di kelasnya, mulai dari Anti-lock Braking System, Panic Brake Assist (PBA), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), dan Anti-Rolling Protection. 

Tak kalah lengkap, Isuzu MU-X juga mempunyai beberapa fitur andalan, mulai dari Instrument Cluster dengan MID, Headunit berlayar sentuh 7 inci dengan fungsi mirroring, Apple Car play dan Android Auto, 8 buah Speaker, Cruise Contron, dan jok elektrik pada sisi pengemudi,Passive Entry and Start System, Corner Sensor, Auto Cruise dan All View Monitor.

Tak ketinggalan, fitur keselamatan yang wajib dimiliki setiap kendaran juga hadir di SUV produksi Isuzu ini, seperti dua buah Airbag, Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Traction Control System (TCS).

Performa

Chevrolet Trailblazer dibekali mesin diesel 2.499 cc, 4 silinder VGT turbo-intercooler,  yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 dk/6.000 rpm dan torsi sebesar 440 Nm/2.000 rpm. 

Di sisi lain, Isuzu mempersenjatai MU-X dengan mesin 4JK1-TC Hi-Power DOHC VGS turbo-intercooler, berkapasitas 2.499 cc yang punya tenaga 134 dk/3.400 rpm serta torsi 320 Nm/1.800-2.800 rpm 

Harga

Kami melakukan komparasi terhadap tipe paling tinggi dari masing-masing kendaraan. Chevrolet Trailblazer tipe LTZ memiliki banderol harga Rp 460 juta dan Isuzu MU-X tipe Royale dibanderol dengan harga Rp 498 juta. 

Kesimpulan

Dari hasil perbandingan kami, jelas bahwa Isuzu MU-X menghasilkan output mesin di bawah Chevrolet Trailblazer. Sedangkan pada fitur, Trailblazer unggul dengan adanya Remote yang bisa menghidupkan mesin dan AC dari jauh (Remote Engine Start with Remote AC).

Namun, keduanya menawarkan kenyamanan di dalam kabin yang serupa, serta stabilitas berkendara yang tak berbeda.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com