Walau berada pada segmen berbeda, namun harga Mitsubishi Xpander, juga 'bersinggungan' dengan duo Rush-Terios yang sama-sama bisa mengangkut 7 penumpang. Bahkan ground clearancenya pun tak jauh beda.

Komparasi : Dimensi, Ground Clearance, Performa, dan Harga Mitsubishi Xpander vs Duo Rush-Terios

 
Komparasi : Dimensi, Ground Clearance, Performa, dan Harga Mitsubishi Xpander vs Duo Rush-Terios

Walau berada pada segmen berbeda, namun harga Mitsubishi Xpander, juga 'bersinggungan' dengan duo Rush-Terios yang sama-sama bisa mengangkut 7 penumpang. Bahkan ground clearancenya pun tak jauh beda.

Permukaan jalan yang kerap berlubang masih banyak ditemukan di tanah air. Belum lagi banjir masih sering ditemui di sejumlah di daerah di Indonesial, tak mengherankan konsumen membutuhkan mobil dengan ground clearance tinggi.

Walau berada di segmen berbeda, tetapi rentang harga dan ground clearance Mitsubishi Xpander juga bersinggungan dengan duo Rush-Terios.

Jika membutuhkan tunggangan dengan dengan ground clearance tinggi berpenampilan layaknya SUV, Toyata Rush maupun Daihatsu Terios bisa jadi pilihan. Tetapi, ketika menginginkan sebuah MPV yang juga memiliki DNA dari sebuah SUV, ada Mitsubishi Xpander.

Dimensi

Jika diperhatikan lebih seksama, Mitsubishi Xpander memiliki dimensi cukup besar, dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm serta jarak sumbu roda 2.275 mm.

Disamping itu duo Rush-Terios memiliki dimensi panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.740 mm dan jarak sumbu roda 2.685 mm.

Memang terlihat jarak sumbu roda Rush-Terios lebih jauh, tetapi penggunaan mesin sejajar dengan penggerak roda belakang, membutuh ruang mesin dengan bonnet yang lebih panjang, lebih mencerminkan karakter SUV yang tak terlalu mengutamakan ruang penumpang dan barang seperti MPV. 

Berbeda dengan Mitsubishi Xpander dengan mesin melintang dengan penggerak roda depan. Bonnetnya tak terlalu panjang, sehingga ruang untuk kabin bisa lebih luas, layaknya sebuah MPV pada umumnya.

Ground Clearance

Sejak awal, pabrikan Tiga Berlian selalu mengedepankan bahwa Mitsubishi Xpander memiliki DNA sebuah SUV, salah satunya dengan mempunyai ground clearance yang tinggi, agar bisa digunakan pada permukaan jalan yang tidak terlalu mulus, maupun melewati genangan air.

Mitsubishi Xpander, memiliki ground clearan 205 mm angka ini lebih tinggi dari ground clearance Rush-Terios yang 200 mm. Namun, ada juga Mitsubishi Xpander dengan ground clearance 200 mm, yaitu tipe GLS dan GLX.

Mesin

Baik Mitsubishi Xpander maupun duet Rush-Terios ini, menggunakan mesin bensin 4 silinder segaris, berkapasitas 1.500 cc. Xpander menggunakan mesin 4A91, 16 katup, DOHC, MIVEC dengan tenaga maksimum 104 PS/6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm/4.000 rpm. 

Sementara Rush maupun Terios, keduanya menggunakan mesin 3SZ-VE, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i berdaya maksimal 109 PS/6.000 rpm dan torsi tertinggi 141 Nm/4.000 rpm. 

Dari data tersebut, torsi puncak dari mesin Rush-Terios tak terpaut jauh dari torsi maksimum yang dihasilkan Xpander, meski dari segi tenaga maksimalnya, mesin LMPV dari Mitsubishi itu sedikit di bawah Rush-Terios.

Harga

Seberapa banyak kocek yang harus dikeluarkan, untuk menebus masing-masing mobil tersebut, berikut tabel harga dan tipe Mitsubishi Xpander, Toyota Rush dan Daihatsu Terios :

Harga Mitsubishi Xpander

Model

Harga

 Xpander GLX M/T

Rp 189,05 juta

Xpander GLS M/T

Rp 208,5 juta

Xpander Exceed M/T

Rp 214,5 juta

Xpander Exceed A/T

Rp 224,95, juta

Xpander  Sport A/T

Rp 237, 15 juta

Xpander Ultimate A/T

Rp 245,35 juta

 

Harga Toyota Rush

Model

Harga

Rush 1.5 G M/T

Rp 239,9 juta

Rush 1.5  G A/T

Rp 249,9 juta

Rush 1.5 S M/T TRD Sportivo

Rp 251 juta

Rush 1.5 S A/T TRD Sportivo

Rp 264,5 juta

Rush 1.5 S M/T TRD Sportivo Ultimo

Rp 254,5 juta

Rush 1.5 S A/T TRD Sportivo Ultimo

Rp 267 juta

 

Harga Daihatsu Terios

Model

 Harga

Terios X MT

Rp 195,2 juta

Terios X MT EXTRA

Rp 205,5 juta

Terios X AT EXTRA

Rp 216,35 juta

Terios R MT

Rp 227,9 juta

Terios MT CUSTOM

Rp 232,9 juta

Terios R MT ADVENTURE

Rp 238,1 juta

Terios R AT

Rp 242 juta

Terios R AT CUSTOM

Rp 247 juta

Terios R AT ADVENTURE

Rp 252 juta

Kesimpulan

Pilihan berada di tangan konsumen, namun data yang didapat dari perbandingan tadi bisa jadi pertimbangan. Di satu sisi, Xpander memiliki kelebihan, tentu juga sebaliknya, Rush-Terios pun unggul pada hal tertentu.

Dengan ruang kabin lebih luas, Xpander lebih sesuai bagi peminat MPV, sementara yang tidak mengutamakan daya angkut penumpang dan barang, bisa memilih Rush-Terios dengan tampilan seperti SUV. Meski ground clearancenya sedikit di bawah Xpander.

Begitupun soal harga, relatif harga Xpander masih di bawah harga terendah Daihatsu Terios yang memang berada di kelas berbeda. Sementara soal performa mesin, walau daya maksimal mesin Xpander di bawah output tenaga Rush-Terios, namun ketiga mobil ini memiliki torsi puncak yang sama untuk menghela bodinya agar bisa mengangkut beban.

 

 
Related
Updates

otodriver.com