Memiliki fitur interior yang serupa menjadikan persaingan Brio Satya dengan Agya cukup menarik untuk dibahas. Siapakah lebih unggul?

Komparasi : Fitur Interior Honda Brio Satya E CVT Vs Agya TRD

 
Komparasi : Fitur Interior Honda Brio Satya E CVT Vs Agya TRD

Memiliki fitur interior yang serupa menjadikan persaingan Brio Satya dengan Agya cukup menarik untuk dibahas. Siapakah lebih unggul?

Honda Brio Satya E CVT dan Agya TRD AT merupakan varian tertinggi dari kedua level city car. Mobil ini juga sama-sama memiliki mesin 1.200 cc dan hadir dengan dimensi bodi yang hampir sama.

Dari sisi interior, keduanya juga memiliki kelengkapan yang nyaris serupa, namun jika dirasakan dari posisi duduk, Brio Satya terasa lebih rendah dibandingkan dengan Agya, hal tersebut justru membuatnya lebih nyaman dan sporty dibandingkan dengan Agya. Posisi duduk Agya terasa tinggi namun mampu menghadirkan area pandang ke depan yang lebih lega.

Dari kabin depan, kedua mobil sudah dilengkapi lingkar kemudi dengan audio steering switch yang sangat membantu pengemudi untuk melakukan pengaturan audio tanpa harus menyentuh head unit. Sementara dari sisi head unit sendiri, keduanya menggunakan model double din, namun belum dilengkapi dengan layar sentuh. Fitur seperti FM/AM, DVD, AUX USB, koneksi iPOD dan Android tersemat di dalamnya.

Agya memiliki pandangan ke depan lebih luas
Brio Satya memiliki posisi duduk yang lebih rendah sehingga terasa lebih sporty

Pada bagian dasbor, Brio nampak lebih modern dengan AC digital walau tidak menunjukkan informasi angka temperatur. Sedangkan Agya masih menggunakan model switch putar manual.

Switch AC Agya terasa kuno, walau fungsional.
Brio Satya nampak lebih moderen dengan tombol AC bertampilan digital

Dari fitur keselamatan pasif, keduanya sudah dilengkapi dengan dua buah airbags yang terdapat di bagian pengemudi dan penumpang depan. Selain itu, pada penumpang depan perangkat safety belt sudah dilengkapi pretensioner.

Sementara pada bagian belakang, tersedia seatbelt untuk tiga penumpang. Hanya saja pada Brio, khusus penumpang tengahnya hanya dilengkapi dengan sabuk pengaman dua titik. Sedangkan Agya, penumpang tengah tetap mendapatkan sabuk pengaman tiga titik yang berwujud sabuk menjuntai dari bagian atap.

Sabuk pengaman penumpang belakang Agya seluruhnya menggunakan tipe 3 titik. Sedangkan Brio hanya 2 yang mengingatkan model 3 titik.
Fitur ISOFIX dan theter hanya ada di Agya. 

Pada sektor keselamatan pasif, Agya unggul dengan kehadiran fitur ISOFIX dan theter untuk keamanan yang lebih optimal bagi penumpang balita yang menggunakan bangku bayi.

Sedangkan untuk material yang dipergunakan, boleh dikatakan bahwa keduanya seimbang dari segi kualitas. Hanya saja pilihan warna interior beige yang lebih rentan lebih cepat kotor.

Pemilihan kombinasi warna gelap membuat kabin Agya terasa lebih sempit
Kabin Brio terasa lebih lega dengan pemilihan warna beige, namun akan lebih mudah kotor

 

 
Related
Updates

otodriver.com