Meski berada di kelas LMPV, keempat mobil memiliki fitur keselamatan aktif maupun pasif yang cukup banyak. Mobil manakah yang memiliki fitur keselamatan paling lengkap?

Komparasi : Fitur Keselamatan Dreza vs Mobilio vs Veloz vs Xpander

 
Komparasi : Fitur Keselamatan Dreza vs Mobilio vs Veloz vs Xpander

Meski berada di kelas LMPV, keempat mobil memiliki fitur keselamatan aktif maupun pasif yang cukup banyak. Mobil manakah yang memiliki fitur keselamatan paling lengkap?

Hingga saat ini, setidaknya ada tiga merek Low MPV yang merajai pasaran, yakni Duo Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga serta satu pendatang baru dari Mitsubishi yaitu Xpander.

Walau berstatus sebagai Low MPV, namun semuanya telah dilengkapi dengan fitur keselamatan baik aktif maupun fitur keselamatan pasif.

Kali ini kami ingin membandingkan fitur keselamatan antar-varian tertinggi dari masing-masing merek. Tujuannya supaya kita mengetahui performa optimal yang bisa diraih.

Dengan demikian, maka Veloz menjadi wakil dari Duo Avanza-Xenia, Honda Mobilio RS CVT, Suzuki Ertiga Dreza dan Mitsubishi Xpander Ultimate.

1. Toyota Veloz

Merupakan varian paling ningrat dari klan Avanza. Mobil ini menggunakan mesin DOHC dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan muntahan daya 102 dk/6.000 rpm dan torsi 136Nm/4.200 rpm.

Veloz dilangkapi dengan piranti keselamatan pasif seperti dual airbags, side impact beam, pretensioner with load limiter seatbelt dan ISOFIX. Untuk piranti keselamatan aktif Veloz dilengkapi dengan ABS. Sedangkan perangkat keamanan sudah disertakan teknologi immobilizer.

2. Honda Mobilio RS CVT

Dari spesifikasi mesin, Mobilio memiliki muntahan daya paling besar. Mesin 1.497cc SOHC 4 silinder 16 katup i-VTEC mampu menyuguhkan daya 116 dk/6000 rpm dan torsi 145 Nm/4.600 rpm.

Fitur keselamatan pasif Mobilio dilengkapi dengan dua airbag, Pretensioner with load limiter seatbelt, side impact beam, ISOFIX dan Theter. Sementara untuk perangkat keselamatan aktif, Mobilio memiliki fitur ABS, (Electronic Brake-force Distribution) EBD, VSA dan Hill Start Asist dan fitur keamanan Mobilio meliputi imobilizer dan Keyless Entry.

3. Suzuki Ertiga Dreza

Beralih ke Dreza, tampilannya sangat berbeda jika dibandingkan varian Ertiga lainnya. Namun varian inilah yang menghuni kelas tertinggi dalam jajaran armada Ertiga.

Dari semua rivalnya, Ertiga memiliki kapasitas mesin paling mungil yakni 1.373 cc. Muntahan dayanya pun hanya di angka 90,7 dk/6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm/4.000 rpm.

Sementara dari sisi fitur keselamatan pasif, Dreza sudah dilengkapi dengan dual airbags, side impact beam dan juga pretesioner load limiter pada seatbeltnya. Untuk active safety, Ertiga Dreza sudah dijejali dengan ABS dan EBD.

Dan ada fitur Keyless Entry dan immobilizer tercatat sebagai perangkat keamanan yang disematkan pada Dreza.

4. Mitsubishi Xpander

Sebagai penantang terakhir, kami memiliki Xpander Ultimate dengan spesifikasi terbaik mewakili 6 varian Xpander.

Semua varian Xpander menggunakan pilihan mesin yang sama yakni 4 silinder 1.499cc MIVEC.  Mesin ini menyuguhkan daya sebesar 104 dk/6.000 rpm dan torsi 141 Nm/4.000 rpm.

Varian Ultimate memiliki perangkat keselamatan pasif yakni dual airbags, pretesioner with load limiter pada seatbelt, side impact beam, ISOFIX dan Tether.

Sedangkan untuk active safetynya, Ultimate dilengkapi dengan ABS+ EBD, Hill Start Asist, Active Stability Control (ASC) with Traction Control Logic (TCL) dan Emergency Stop Signal (ESS). Lalu untuk keamanan fitur keyless dan immobilizer sudah termasuk di dalamnya.

 
Related
Updates

otodriver.com