Meskipun sama-sama memiliki nama belakang Cruiser, nyatanya kedua mobil hadir untuk segmen yang berbeda. Apa saja perbedaannya?

Komparasi : Inilah Perbedaan Toyota FJ Cruiser vs TJ Cruiser

 
Komparasi : Inilah Perbedaan Toyota FJ Cruiser vs TJ Cruiser

Meskipun sama-sama memiliki nama belakang Cruiser, nyatanya kedua mobil hadir untuk segmen yang berbeda. Apa saja perbedaannya?

Toyota baru saja mengajukan merek dagang TJ Cruiser ke kantor paten Amerika Serikat atau United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Dugaan keras, nama ini akan menjadi label bagi salah satu jajaran SUV atau crossovernya.

Meski demikian, pihak Toyota sendiri masih bungkam akan sosok mobil yang mengusung nama tersebut.

Namun, jika melihat dari daftar yang dimiliki oleh Toyota sepertinya nama ini pas jika dilabelkan pada sosok mobil konsep FT-4X yang beberapa waktu silam diperkenalkan.

Berbincang mengenai FT-4X, dari segi desain mobil ini dibekali dengan unsur DNA yang hampir mirip dengan FJ Cruiser, yakni terdapat sentuhan retro yang diturunkan dari Land Cruiser FJ40.

Kemudian di berbagai media internasional, mobil ini malah menjadi gunjigan sebagai penyambung eksistensi FJ Cruiser.

Mungkin saja hal ini benar, namun perlu digaris bawahi, bahwa terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara TJ Cruiser dan FJ Cruiser.

Keduanya merupakan dua ‘mahluk’ yang sama sekali berbeda.

Dari segi konstruksi, FJ Cruiser merupakan sosok tradisional yang mengandalkan rancang bangun body on frame alias sasis tangga.

Sedangkan TJ Cruiser merupakan kendaraan dengan struktur monokok yang dibiakkan pada platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dikatakan bahwa sosok ini menggunakan basik struktur yang sama dengan yang dipergunakan oleh C-HR.

Dari dimensi pun cukup beda. TJ Cruiser jauh lebih mungil dibandingkan dengan FJ Cruiser. Bahkan Paultan.org (2/6) mengatakan bahwa dimensinya bahkan lebih kecil dari C-HR.

Sedangkan dari sisi kaki-kaki, kemungkinan TJ Cruiser tidak akan sekokoh FJ Cruiser dan memang tidak dibidik sebagai kendaraan dengan kemampuan heavy duty off-road.

Sah-sah saja jika nantinya nama TJ Cruiser di dilabelkan pada sosok FT-4X atau digadang-gadang sebagai pengganti FJ Cruiser.

Namun jika hal itu terjadi, maka semata-mata sekedar pelabelan nama saja.

TJ Cruiser tak akan disiksa di medan seperti ini

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com