Meski menyandang produk global, spesifikasi Honda CR-V berbeda di tiap negara. Seperti versi Arab Saudi yang baru diluncurkan, cukup signifikan perbedaannya dengan CR-V di tanah air.

Komparasi : Perbedaan All-New Honda CR-V Di Indonesia vs Honda CR-V Versi Arab Saudi

 
Komparasi : Perbedaan All-New Honda CR-V Di Indonesia vs Honda CR-V Versi Arab Saudi

Meski menyandang produk global, spesifikasi Honda CR-V berbeda di tiap negara. Seperti versi Arab Saudi yang baru diluncurkan, cukup signifikan perbedaannya dengan CR-V di tanah air.

Meski bukan menjadi yang pertama di Asia, publik di tanah air lebih beruntung, karena bisa menyambut hadirnya Honda CR-V generasi ke-5 lebih dulu ketimbang Negara Petro Dollar, Arab Saudi. .

Pasar di Negeri Minyak itu, baru bisa melihat dari dekat SUV Honda tersebut sejak 15 Mei silam. Cukup unik, karena meski Honda CR-V merupakan produk global, ternyata spesifikasinya tak sama untuk tiap negara yang memasarkannya.

Tentu, perbedaan paling kasat mata adalah posisi kemudi yang berada di sebelah kiri, namun itu bukanlah topik pembahasan utama tentunya. 

Jika di tanah air kita mengenal tiga varian yang dipasarkan oleh distributor resminya, PT Honda Prospect Motor, yaitu varian 2.0 L, 1.5 L Turbo dan 1.5 Turbo Prestige.

Sedangkan di negeri Raja Salman tersebut, Honda melengkapinya dengan empat kelas sekaligus, yakni DX (2WD), LX (2WD), EX (AWD) dan spesifikasi tertinggi pada varian Touring (AWD).

Tidak seperti di Indonesia dengan dua pilihan dapur pacu, khusus pasar Saudi, Honda hanya menyediakan satu mesin untuk seluruh varian, yaitu mesin Honda K24W, berkapasitas 2.400 cc, i-VTEC, 16 Valve.

Pada jajaran mesin yang digunakan pada Honda CR-V, inilah yang memiliki kapasitas paling besar, dengan tenaga puncak 184 dk/6.000 rpm dan torsi tertinggi 244 Nm/3.900 rpm.

Performa sebesar itu disalurkan melalui transmisi otomatik CVT untuk tipe 2WD maupun AWD.  

Dari sisi sumber tenaga, tampaknya pasar Arab Saudi tidak akan merasakan performa mesin pada CR-V 1.5L Turbo, dengan daya tertinggi 187,4 dk/5.500 rpm serta torsi maksimum 240 Nm/2.000-5.000 rpm.

Meski dibandingkan mesin 2.400 cc tenaganya lebih kecil, namun berkat turbocharger, mesin CR-V versi Indonesia yang berkapasitas 1.500 cc ini mampu mendorong torsinya lebih besar.

lampu belakang LED
Pada varian tertentu menggunakan grill sama dengan versi Indonesia.

Selain mesin, kelengkapan interior antara Honda CR-V di Arab Saudi, yang diimpor dari India tersebut, hanya tersedia dalam pilihan 5 tempat duduk saja, berbeda dengan Honda CR-V rakitan tanah air, yang menyediakan varian 7-seater.

Sedangkan sisi mencolok lainnya ada pada eksterior, tampak pada tampilan grill yang berbeda antara CR-V versi Arab dengan versi Indonesia.

Grill honeycomb, menjadi kelengkapan standar pada varian Touring, sebagai kasta tertinggi. Sementara di Indonesia, model grill seperti itu ditawarkan sebagai optional genuine parts dari Honda Indonesia.

Grill motif Honeycomb jadi kelengkapan standar varian tertinggi.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com