Meski belum ada kepastian secara resmi, namun untuk membandingkan performa mesin 1.200 cc asal Cina dengan rival yang sudah lebih dulu bermain di kelas ini, cukup menarik untuk diulas.

Komparasi Performa : Wuling 1.200 cc vs Ignis vs Agya-Ayla vs Honda Brio vs Calya Sigra

 
Komparasi Performa : Wuling 1.200 cc vs Ignis vs Agya-Ayla vs Honda Brio vs Calya Sigra

Meski belum ada kepastian secara resmi, namun untuk membandingkan performa mesin 1.200 cc asal Cina dengan rival yang sudah lebih dulu bermain di kelas ini, cukup menarik untuk diulas.

Kehadiran Suzuki Ignis dan masuknya duo Astra, Agya-Ayla dinilai cukup menghangatkan peta persaingan di kelas 1.200 cc empat silinder .

Namun sepertinya masa ’bulan madu’ produk yang baru diluncurkan tersebut akan terusik dengan kehadiran pemain baru yang dikabarkan bakal hadir tak lama lagi.

Ya, beredar kabar, pabrikan asal Cina, Wuling akan melempar versi 1.200 cc dalam waktu tak lama lagi, setelah beberapa waktu lalu Wuling Confero S 1.500 cc diperkenalkan ke hadapan media.

Tampaknya, Wuling tak saja mengincar pasar Low MPV sekelas Avanza-Xenia, Ertiga maupun Mobilio saja, melainkan juga menyasar kapasitas mesin di bawahnya, yaitu kelas 1.200 cc.

Jika ini terjadi, tentu tak saja akan 'mengganggu' pasar Ignis dan Agya maupun Ayla, tetapi pemain yang lebih dulu eksis di kelas 1.200 cc empat silinder, seperti Honda Brio serta duet Calya-Sigra pun akan merasakan dampaknya.

Namun info yang kami dapatkan, versi 1.200 cc ini akan diberi nama lain yang akan membedakannya dengan versi Confero 1.500 cc.

Hingga saat ini, masih belum didapatkan spesifikasi detail tentang Wuling bermesin 1.200 cc ini, namun kabar yang beredar, bahwa Wuling akan menggunaan mesin LMU 1.200 cc, empat silinder,16 valve DOHC.

Jika mesin itu yang digunakan, akan didapat tenaga maksimum 84 dk/6.000 rpm, dengan torsi puncak 108 Nm/4.400-4.800rpm.

Berdasarkan data spesifikasi, performa mesin Wuling mampu mengungguli mesin Suzuki Ignis yang memiliki daya puncak 83 dk/6.000 rpm.

Tetapi, tenaga yang dihasilkan mesin Wuling tersebut, berada di bawah pesaing lainnya, baik Calya-Sigra maupun Agya-Alya yang sama-sama menggunakan mesin 3NR-VE, dengan tenaga maksimum 86,7 dk/6.000 rpm.

Begitu juga ketika data spesifikasi itu dibandingkan dengan Honda Brio, yang memiliki tenaga tertinggi 88,7 dk/6.000 rpm, Wuling terpaut 4,7 dk lebih rendah.

Ignis unggul di torsi, kalah di tenaga 
Duo Agya-Ayla 1.200 cc unggul tenaga, kalah tipis di torsi

Sementara jika membandingkan torsi tertingginya, Wuling yang menghasilkan torsi tertinggi 108 Nm/4.400-4.800 rpm, berada di bawah Suzuki, yang menoreh kemenangan dengan angka 113 Nm/4.000 rpm.

Namun, selisih cukup tipis ketika dibandingkan dengan Calya-Sigra dan Agya-Ayla yang torsi puncaknya berada di angka 107,8 Nm/4.200 rpm, sedikit lebih rendah dari Wuling.

Begitupun dengan Honda Brio terkait tipis torsi puncaknya dengan Wuling, namun masih unggul dengan angka 109,8 Nm/ 4.800rpm.

Brio ungguli Wuling baik di tenaga maupun torsi
Cayla-Sigra, hasil serupa Agya-Ayla bermesin sama

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com