Yaris Heykers memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding tipe standar, cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Apalagi faktor yang memengaruhi hingga harganya lebih mahal Rp 7 juta?

Komparasi : Yaris TRD Sportivo vs Yaris Heykers

 
Komparasi : Yaris TRD Sportivo vs Yaris Heykers

Yaris Heykers memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding tipe standar, cocok untuk kondisi jalan di Indonesia. Apalagi faktor yang memengaruhi hingga harganya lebih mahal Rp 7 juta?

Carreview.id pernah mengulas perbedaan Heykers saat mobil tersebut belum diperkenalkan ke publik, lewat artikel Seperti Ini Bedanya Yaris Heykers Yang Meluncur November Mendatang,  secara gamblang kami menjelaskan perbedaan yang signifikan dan hasil foto yang kami peroleh.

Telah berjarak satu bulan, kali ini kami telah menyiapkan gambar yang lebih jelas, agar Anda dapat melihat langsung perbedaannya.

Dimulai dari bagian depan, tidak ada yang berbeda, kecuali penggunaan foglamp berlogo TRD yang hanya ditemukan pada Heykers. Sementara, TRD Sportivo menggunakan fog lamp standar dan bukan lansiran TRD.

Foglamp TRD milik Heykers

Ingin menemukan perbedaan keduanya dari bagian belakang? langsung saja berjalan ke arah bokong kanan, di sana akan ditemukan perbedaan kedua tipe Yaris ini.  Pada Heykers, terlihat emblem Heykers di atas tulisan TRD Sportivo.

Emblem TRD Sportivo di belakang kanan
Emblem Heykers yang letaknya di atas TRD Sportivo

Masih di bagian belakang, ada perbedaan mencolok pada penggunaan spoiler. Kali ini, spoiler TRD Sportivo terlihat lebih menarik. Bentuknya yang lebih panjang, serta pemilihan kelir hitam, membuat tampilannya terlihat lebih sporty ketimbang spoiler yang digunakan Heykers.

Spoiler TRD Sporivo lebih terkesan sporty
Yaris Heykers menggunakan spoiler pendek warna putih

Karena Yaris Heykers diciptakan seakan-akan crossover, tampilan bumper belakang terkesan kokoh persis sebuah SUV. Sementara Yaris TRD Sportivo masih sangat kental dengan aura sportynya, masih mengandalkan warna hitam yang dominan pada spoiler.

Pahatan pada bumper belakang munculkan aura sport
Bumper belakang Heykers khas sebuah crossover

Mari tinggalkan bagian belakang, lalu sedikit melihat ke atap. Ada yang sangat berbeda, karena Yaris Heykers telah dilengkapi dengan ornamen seperti roofrail. Tapi, sepertinya ini bukan digunakan sebagai pengangkut barang seperti pada SUV, melainkan sekadar aksesori saja, agar tampilan crossovernya makin kental.

TRD Sportivo tidak dilengkapi dengan roofrail
Ornamen roofrail, mengentalkan nuansa crossover

Setelah melihat perbedaan dari belakang dan atap, tak lupa kita membicarakan sepatunya. Keduanya tampil berbeda motif, meski baik TRD Sportivo maupun Yaris Heykers, menggunakan pelek 16 inci, namun, profil ban yang digunakan berbeda. Yaris TRD Sportivo menggunakan profil ban 195/50 R16. Sedangkan Yaris Heykers ban 195/55 R16. Perbedaan inilah salah satunya yang menambah ketinggian hingga 15 mm.

Pelek TRD Sportivo
Pelek 16 inci bawaan Heykers

Hmm,, kami hampir melupakan identitas yang dimiliki keduanya. Ada perbedaan lain yang terlihat sangat signifikan, body stripe di bagian samping.

Body stripe yang identik dengan varian TRD milik Toyota
Body stripe merah Heykers dengan warna dasar hitam

Hal lain yang jadi pembeda adalah jarak terendah ke tanah, atau ground clearance. Jika New Yaris memiliki ground clearance 149 mm, Yaris Heykers dianugerahi ground clearance mencapai 184 mm.

Selain menggunakan ban dan pelek yang lebih besar, suspensi TRD pada Yaris Heykers ini memiliiki per lebih panjang 20 mm dibandingkan Yaris TRD Sportivo. 

Suspensi TRD pada Heykers per lebih tinggi 20 mm

Sudah puas memutari mobil, kami pun masuk ke dalam kabin. Tapi sayang, tidak ada yang berbeda di dalamnya. Hanya saja, saat kami menyalakan head unit, ada satu fitur yang tidak dimiliki oleh Yaris TRD Sportivo. Ini dia fitur khusus pada Yaris Heykers.

Head unit Heykers dilengkapi fitur Mirroring

Mirroring dapat terkoneksi dengan smartphone, dengan bantuan fitur yang dikenal dengan nama Miracast, yaitu menghubungkan layar pada smartphone dengan iOS maupun Android, ke layar Audio unit Toyota Yaris Heykers.

Kesimpulan

Akhirnya seluruh perbedaan telah Carreview.id jabarkan dengan jelas. Sekarang pilihan kembali ke Anda, butuh sebuah hatchback tinggi yang dirasa cocok dengan jalanan di Jakarta? Atau masih menyukai hatchback yang memancarkan aura sporty? Masing-masing menawarkan kelebihannya yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna. 

Keduanya telah resmi dipasarkan Toyota, untuk menebusnya, sebuah Yaris TRD Sportivo CVT dibanderol Rp 270,3 juta, sementara Yaris Heykers CVT di angka Rp 277,3 juta.

 
Related
Updates

otodriver.com