Beberapa ubahan yang dilakukan Suzuki pada New Ertiga telah membuat mobil ini lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar. Berapa hasilnya?

Konsumsi BBM New Ertiga Lebih Irit Dibanding Model Pendahulu, Ini Buktinya!

 
Konsumsi BBM New Ertiga Lebih Irit Dibanding Model Pendahulu, Ini Buktinya!

Beberapa ubahan yang dilakukan Suzuki pada New Ertiga telah membuat mobil ini lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar. Berapa hasilnya?

All New Suzuki Ertiga hadir dengan dimensi bodi yang lebih besar dan mesin dengan volume yang lebih masif.

Generasi kedua Ertiga ini memiliki dimensi (PxLxT) 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm. Lebih besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang memiliki ukuran 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm. Namun demikian, MPV andalan Suzuki memiliki wheelbase sama, yakni 2.740 mm dan ground clearance lebih rendah 5 mm menjadi 180mm.

Demikian pula dengan mesinnya, di mana mesin K15B milik All New Ertiga mampu mengkail daya 104.7/6.000 rpm dan torsi 138 Nm/4.400 rpm. Lebih besar dibandingkan mesin lawas K14B yang hanya mampu menambatkan angka 92 PS/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.000 rpm.

Namun demikian, pihak Suzuki mengklaim bahwa All New Ertiga ini lebih irit dibandingkan model pendahulunya. Varian bertransmisi manual mampu menyentuh angka kombinasi 18,09 km/liter, sementara untuk versi otomatiknya berhasil mengayuh jarak 16.73 km/liter. “Dalam pengujian ini kami menggunakan pihak ketiga, yaitu BPPT untuk melakukan pengetesan,” terang Donny Saputra 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada saat ditemui di bilangan  Kemayoran Jakarta Utara (19/04).

Walau pun pihak Suzuki tidak menyebutkan angka resmi hasil dari Ertiga lawas, namun Donny menyebutkan hasil yang dicapai ini lebih baik dari pada model sebelumnya. “Angka pastinya belum diungkap karena model lawas dites dengan metode yang berbeda dengan model yang ada sekarang,” tambah Donny.

Menurut, Indianautosblog.com, konsumsi All New Ertiga 1.500cc bensin mencapai 18,06 km/liter sedangkan varian lawasnya 17,59 km/liter.

Jarak tempuh yang lebih baik, kemungkinan disebabkan oleh penggunaan struktur bodi baru dengan teknologi heartect yang lebih kokoh namun lebih ringan.

 
Related
Updates

otodriver.com