Percaya diri, mobil nasional Vietnam langsung nyemplung di segmen premium.

Mobil Nasional Vietnam Ini Siap Tantang BMW, Indonesia Kapan?

 
Mobil Nasional Vietnam Ini Siap Tantang BMW, Indonesia Kapan?

Percaya diri, mobil nasional Vietnam langsung nyemplung di segmen premium.

VinFast pabrikan mobil pertama di Vietnam resmi menyibak tirai dua model andalannya. Mobil yang desainnya dikerjakan oleh Pininfarina ini bakal memulai debutnya di Paris Auto Show, Oktober 2018.

Model sedan dan SUV disiapkan VinFast untuk menjadi penguasa lokal di negeri yang pernah mengalami perang saudara ini. Maka salah satu yang dilakukan oleh VinGroup, kelompok swasta terbesar di Vietnam yang memiliki VinFast pun melibatkan khalayak negerinya untuk ikut andil dalam menentukan pahatan desain kedua produk tersebut.

Tak kurang dari 62 ribu orang dilibatkan untuk memilih 20 sketsa desain yang dibuat oleh Pinifarina dan ItalDesign. Pada akhirnya ItalDesign harus undur diri dan seluruh urusan desain sepenuhnya jatuh ke tangan rumah desain yang didirikan oleh Batista Pinifarina ini.

Baik SUV maupun sedan, keduanya memiliki ciri khas emblem V yang terpahat di bagian depan dan belakang. Beberapa berspekuasi bahwa pemilihan emblem ini ada hubugan erat dengan rasa nasionalisme dan kecintaan pada Vietnam.

Seperti dilansir oleh carscoops (10/09), VinFast tidak fokus untuk membidik pasar gemuk di mobil kelas menengah seperti halnya beberapa mobil nasional di berbagai negara. VinFast akan langsung menggebrak sebagai produ premium. Dengan demikian, akan langsung berhadapan dengan merek-merek seperti Mercedes-Benz ataupun BMW.

Jika melihat penampilannya, sepertinya label sebagai mobil premium memang sudah layak disandang. Sosok sedannya mengingatkan pada BMW Serie 5 demikian pula dengan SUV yang layak dilabelkan sebagai lawan X5.

Sayang sekali, sampai detik ini belum ada detail tentang mesin yang digunakannya. Namun, dikatakan pada 2 Oktober mendatang semuanya akan terkuak secara gamblang. Selain itu diharapkan pula bahwa nama kedua model tersebut akan diumumkan ke publik.

Pabrikan Vietnam ini rencananya akan fokus memberdayakan pasar dalam negerinya untuk menyerap penjualan mobil ini. Walau rencana eksport ada namun baru akan direalisasikan beberapa tahun setelahnya.

VinFast merupakan pabrikan yang cukup ambisius. Kedua produk ini bagaikan pembuka saja, ke depannya  terdapat sederat produk yang  menunggu diluncurkan mulai dari mobil listris hingga skuter listrik.

 

 
Related
Updates

otodriver.com