Bodi tidak besar, tetapi memiliki ground clearance cukup tinggi. Itulah daya tarik ‘spesies’ yang disebut cross-over, mini SUV atau compact SUV ini.

Nissan Juke Revolt vs Ford EcoSport Titanium

 
Nissan Juke Revolt vs Ford EcoSport Titanium

Bodi tidak besar, tetapi memiliki ground clearance cukup tinggi. Itulah daya tarik ‘spesies’ yang disebut cross-over, mini SUV atau compact SUV ini.

Bodi tidak besar, tetapi memiliki ground clearance cukup tinggi. Itulah daya tarik ‘spesies’ yang disebut cross-over, mini SUV atau compact SUV ini.

Cross-over, karena platformnya dari sedan atau hatchback, seperti Ford EcoSport, platformnya Ford Fiesta. Lantas Nissan Juke tergolong Platform B, sama dengan Nissan Tiida hatchback. Ya, apalah arti sebuah nama. Kami membandingkan kedua Urban SUV ini. Nah, istilah baru lagi tuh.

Desain

Juke ***

EcoSport ***

Tampilan Juke memang tak berubah sejak 4 tahun lalu menapaki Tanah Air, ada yang suka ada pula yang tak suka dengan tampangnya. Kini dengan varian Revolt, lampu depan mengikuti garis Nissan 370Z dengan stripping di beberapa bagian. Lampu belakang smoked agar terkesan macho.

Sementara Ford EcoSport, memiliki garis tajam dengan gril dan lampu yang bergaris tegas, kesan Ford Fiesta masih kentara pada pintu, meski Fiesta ‘versi laki-laki’ ini memiliki beberapa bagian yang membuat kesan kekar. Sayangnya, ban cadangan masih menggantung di pintu belakang seperti konde.

 

Performa

Akselerasi di bawah kurang unggul, putaran atas Juke semakin galak
Transmisi DSG EcoSport, menghasilkan akselerasi merata tiap putaran

Juke ***

EcoSport **

Berkapasitas mesin 1,5 liter, Juke maupun EcoSport menghasilkan tenaga hampir sama. Tetapi saat sprint, Juke dengan transmisi CVT yang berpindah ‘rasio gigi’ tanpa jeda, membungkam EcoSport yang bertransmisi otomatis 6 percepatan berteknologi Dual Clutch sekalipun.

Karakter ini tampak pada hasil yang diukur. Akselerasi 0-60 km/jam keduanya memperoleh waktu tak banyak berbeda, 5,5 detik (Juke)dan 5,6 detik (EcoSport). Bertambah kencang, karakter CVT pun unjuk gigi dengan putaran mesin tak ada jeda. Juke mampu berlari hingga 2 detik lebih dulu saat mencapai kecepatan 100 km/jam yang diperoleh EcoSport 14,3 detik.

 

Handling

Handling baik dengan bantingan tak keras
Bantingan keras, pengendalian bagus

Juke **

EcoSport ***

Baik Juke maupun EcoSport, mampu memberikan pengendalian baik. Cukup stabil di kecepatan tinggi, tak ada gejala limbung berlebihan. Ini memang karakter mini SUV yang tubuhnya tidak bongsor. Namun, EcoSport memiliki suspensi dengan bantingan agak keras. Stabilitas baik, tetapi kenyamanan sedikit berkurang. Juke malahan terasa terlalu empuk suspensinya, walau tak menimbulkan gejala oleng kala bermanuver cepat.

 

Akomodasi

Akses barang mudah, namun tidak bisa memuat barang tinggi
Bagasi luas, leg room dan head room juga lega

Juke **

EcoSport ***

EcoSport, memberikan ruang cukup luas untuk lima penumpang. Tiap penumpang bisa mendapatkan leg room dan head room cukup. Begitu pun bagasinya, lega dengan pintu swing yang aneh, karena engsel pintunya di sebelah kiri. Butuh beberapa langkah mengitari pintu saat memasukkan barang dari sisi kiri.

Lain halnya Juke, ruang barang bisa dengan mudah dimasukkan lewat pintu hatchback. Bagasinya pun cukup lega namun tak bisa memuat barang agak tinggi. Sama ketika penumpang belakang bertubuh tinggi, pasti akan memiringkan kepalanya, karena desain atap belakang Juke yang landai.

 

Fitur

Lengkap soal fitur mengemudi, jadi andalan Juke
Fasilitas standar berperangkat elektronik layaknya sedan kelas atas

Juke **

EcoSport ****

Adu fitur di kedua mobil ini bagaikan berbalas pantun. Pengatur setir tilt dan telescopic, kontrol traksi, Hill Launch Assist, voice command, transmisi otomatis dengan powershift (pilihan manual), merupakan fitur yang tidak dimiliki Juke.

Namun Juke mempunyai mode mengemudi Eco, Normal dan Sport yang bisa disetel dengan tombol saja. Plus, spion yang bisa dilipat elektris, tak ada pada EcoSport. Sementara EcoSport kembali unjuk gigi dengan sunroof sebagai pelengkapnya.

Kenyamanan

Juke ***

EcoSport **

Berada di atas jok Nissan Juke, seolah disangga dengan pelukan yang mantap, jok empuk dan bagian punggung lebar, membuatnya terasa lebih nyaman dibandingkan jok EcoSport yang terasa lebih sempit dan keras. Namun EcoSport memberikan keheningan dalam kabin lebih senyap ketimbang Juke. Suspensi Juke pun lebih terasa empuk.

Efisiensi

Juke ****

EcoSport **

alau mesin sama, 1.500 cc, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan per kilometernya berbeda. Dukungan transmisi CVT pada Nissan Juke, membuat konsumsi bahan bakarnya terhitung istimewa. Keunggulan CVT, saat cruising, mampu membuat mobil melaju dengan putaran mesin yang rendah.

Di dalam kota, Juke mengonsumsi bensin 12,5 km/L, dan tol 17,2 km/L. Sementara Ecosport 10,2 km/L pada rute dalam kota dan tol 15 Km/L.

 

Kesimpulan

Hasil yang tak jauh berbeda, namun memiliki keistimewaan tersendiri

Pemilihan mini SUV ini bukanlah keputusan mudah, jika melihat hasil Test yang kami lakukan. Keduanya memiliki keistimewaan masing-masing, meski Juke hanya terpaut sedikit angka lebih kecil dibandingkan Ford EcoSport.

Dari segi harga pun tak terpaut terlalu jauh. Nissan Juke Revolt ini dipasarkan Rp 289,5 juta sedangkan Ford EcoSport Rp 271,9 juta, keduanya harga on the road Jabodetabek. Jika menginginkan mobil dengan fitur lebih melimpah, EcoSport jadi pilihan, sementara tunggangan trendy bisa didapat lewat Nissan 

 
 
Related
Updates

otodriver.com