Hadirnya MPV asal Cina, Wuling Hong Guang yang direncanakan semester kedua tahun ini bisa menjadi ancaman serius bagi pemain lama, Toyota Avanza. Apa saja perbedaan di antara keduanya?

Perbandingan Dimensi Dan Mesin Wuling Hong Guang 1.5 vs Toyota Veloz 1.5

 
Perbandingan Dimensi Dan Mesin Wuling Hong Guang 1.5 vs Toyota Veloz 1.5

Hadirnya MPV asal Cina, Wuling Hong Guang yang direncanakan semester kedua tahun ini bisa menjadi ancaman serius bagi pemain lama, Toyota Avanza. Apa saja perbedaan di antara keduanya?

Wuling, salah satu pabrikan mobil asal Cina dikabarkan akan memasuki pasar Indonesia pada semester kedua tahun 2017 ini.

Persiapan yang dilakukan pun tidak tanggung-tanggung. Mereka telah mempersiapkan pabrik di Indonesia dan memulai produksi Oktober mendatang.

Masuk ke pasar MPV di Indonesia, Wuling cukup percaya diri dengan Wuling Hong Guang telah menjadi mobil terlaris di Cina. Tentunya, harus berhadapan dengan pemain lama yang laris di sini, Toyota Avanza.

Memang, jika berdasarkan kapasitas mesinnya, Hong Guang yang berkapasitas mesin 1.500 cc akan bertarung dengan pemain lama, Toyota Veloz.

Meski dari segi harga, Hong Guang akan dipatok di bawah Toyota Avanza, jauh di bawah harga Toyota Veloz (M/T Rp 224,2 juta, A/T Rp 236 juta).

Dimensi

Hong Guang memiliki sosok dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.750 mm, serta jarak sumbu rodanya 2.720 mm.

Sedangkan rivalnya, Toyota Avanza memiliki dimensi yang dijabarkan dengan panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan jarak poros roda 2.655 mm.

 

Dari data tersebut, akan terlihat bahwa Hong Guang memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Avanza. Boleh jadi kabinnya lebih luas dari Avanza.

Tetapi perlu disadari, bahwa kelegaan ruang kabin tak semata ditentukan dari dimensi saja. Desain interior dengan trim pintu terlalu tebal serta penyusunan kompartemen yang cukup banyak, bisa jadi malah membuat ruang terasa sempit. 

Mesin

Hong Guang dikabarkan akan menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder P-TEC, DVVT yang menghasilkan tenaga 107 dk dan torsi 146 Nm, dengan transmisi manual 5 percepatan dan berpenggerak roda belakang.

Dari data spesifikasi tersebut, tenaga Hong Guang lebih besar dibandingkan Avanza Veloz yang juga bermesin 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i (104 dk dan torsi 136 Nm).

Namun untuk transmisinya Veloz dipasarkan dengan pilihan manual 5 percepatan, serta otomatik 4 percepatan yang disalurkan ke roda belakang.

Ini merupakan suatu keunggulan Avanza karena memiliki varian transmisi otomatik, sementara Hong Guang belum diketahui apakah akan memasarkan versi bertransmisi otomatik juga. 

Kesimpulan

Dengan perbandingan ini, jangankan dibandingkan dengan Toyota Avanza, bahkan dengan Toyota Veloz sekalipun, di atas kertas Wuling Hong Guang lebih unggul dengan dimensi lebih besar, juga output mesin lebih tinggi, jika dilihat dari data spesifikasinya. 

Tetapi, tentunya tak mudah bagi Wuling untuk mematahkan kekuatan 'brand image' Toyota Avanza ataupun Veloz di Indonesia, jika hanya mengandalkan keunggulan pada dimensi dan output mesin saja. 

Banyak faktor pendukung, seperti jaringan bengkel, after market, serta resale value yang menarik. Meski begitu, pemain lama ini tentunya tak boleh lengah terhadap pesaing asal Cina ini.

MPV yang di beberapa negara dijuluki Chevrolet Enjoy ini, telah dinobatkan sebagai MPV No 1 terlaris di dunia, menurut JATO Dynamic Europe 2016.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com