Kehadirannya masih misterius, namun posisi Sokonindo 330 akan menjadi ancaman serius bagi Wuling Confero S

SOKON 330 VS Wuling Confero S : Seperti Ini Perbandingan Dua LMPV Asal Tiongkok.

 
SOKON 330 VS Wuling Confero S : Seperti Ini Perbandingan Dua LMPV Asal Tiongkok.

Kehadirannya masih misterius, namun posisi Sokonindo 330 akan menjadi ancaman serius bagi Wuling Confero S

Kemunculan Sokonindo 330, belum banyak terdengar, namun sepertinya kehadiran LMPV ini tinggal menunggu waktu saja.

Sosok LMPV 7 penumpang yang dikenal juga sebagai DFSK Fengguang Glory 330 ini sempat tertangkap kamera tengah dirakit fasilitas perakitan PT Sokonindo Automobile beberapa waktu lalu.

Mobil yang belum ketahuan kalender kehadirannya ini dibuat dengan layout penggerak roda belakang, sehingga akan menjadi seteru langsung bagi Confero S ataupun duo Avanza-Xenia.

Dari sisi spesifikasi yang persis untuk pasar Indonesia, belum bisa didapatkan. Namun setidaknya kita bisa mengaca dari spesifikasi yang beredar di negeri asalnya, Tiongkok.

Jika dibandingkan dengan rival terdekat, 330 akan berhadapan dengan Confero S yang berasal dari negeri yang sama. Lantas, kemungkinan besar harga jualnya pun tak jauh berbeda.

Dari segi dimensi, 330 memiliki ukuran panjang 4.365 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.770 mm dengan wheelbase 2.725 mm. Artinya  pendatang baru ini sedikit lebih pendek dibandingkan Confero yang memiliki panjang 4.493 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.715 mm serta bersumbu roda 2.720 mm.

Namun 330 lebih lebar, tetapi lebih rendah dari Confero sedangkan 330 sedikit unggul pada wheelbasenya.  

Di sisi pembangkit daya, Wuling Confero S menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder P-TEC DVVT (dual VVT) dengan daya 108 PS dan torsi 146 Nm.

Sementara untuk 330, tersedia dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, hanya saja belum diketahui mesin manakah yang akan dipergunakan di pasar Indonesia. Bisa jadi pabrikan ini justru akan menyuguhkan dua-duanya sebagai pilihan.

Supaya sepadan dengan rivalnya, kita pilih kapasitas mesin yang sepadan yakni varian 1.499 cc.

Seperti halnya Wuling, mesin yang dipergunakan oleh 330 ini telah menggunakan teknologi variable valve timing, hanya saja belum dijejali dengan teknologi dual VVT. Namun demikian, dari segi muntahan daya justru lebih besar, dengan 115,5 PS. Namun sayangnya puntiran torsinya hanya mampu didapat di angka 145 Nm saja.

Menurut web resminya, Sokon Glory 330 ini hanya dibuat sebagai mobil 7 penumpang, sedangkan Wuling Confero S lebih fleksibel dengan pilihan 7 atau 8 bangku penumpang.

Posisi 330 memang masih abu-abu tentang kalender peredarannya. Namun demikian diperkirakan pada tahun depan pasar Indonesia akan memiliki pilihan mobil LMPV baru dengan harga yang menggiurkan.

 
Related
Updates

otodriver.com