Lebih bertenaga berkat motor listrik, sebagai bagian dari sistim hybridnya.

Suzuki All New Swift Usung Mesin Strong Hybrid, Apa Itu?

 
Suzuki All New Swift Usung Mesin Strong Hybrid, Apa Itu?

Lebih bertenaga berkat motor listrik, sebagai bagian dari sistim hybridnya.

Salah satu tamu yang menarik perhatian dari booth Suzuki adalah kemunculan Swift Hybrid. Mobil yang dibawa langsung dari Jepang ini dikatakan menggotong teknologi Strong Hybrid yang sangat istimewa. Tambahan kata ‘strong’ ini mengisyaratkan sesuatu yang berbeda dengan teknologi Mild Hybrid seperti yang diusung Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia.

“Secara teknis, Suzuki Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc Dual jet yang dikolaborasikan dengan unit Motor Generator Unit (MGU), serta memiliki baterai lithium ion sebagai penyimpan daya listriknya,” terang Harold Donnel, 4W Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), pemegang merek Suzuki di Indonesia (08/08). “Swift Hybrid tak lagi menggunakan baterai konvensional dan menggunakan baterai lithium ion sebagai gantinya. Selain itu unit MGU ini selain berfungsi sebagai generator juga berfungsi sebagai motor penggerak tambahan untuk membantu kinerja mesin,” imbuhnya.

Dengan demikian, strong hybrid pada Swift berbeda dengan mild hybrid pada Ertiga Diesel yang memanfaatkan paduan mesin diesel, baterai besar (70 Ah) dan Integrated Starter Generator (ISG).

Pengendara Swift Hybrid dapat memilih mode berkendara dengan kecepatan tinggi (Standar mode) ataupun mode EV (Electric Vehicle). Pada kecepatan di bawah 80km/jam atau kecepatan konstan MGU akan mengambil alih dan menjadikan mobil sepenuhnya menggunakan mode elektrik. Sedangkan saat kecepatan dinaikkan maka MGU membantu kinerja mesin untuk menambah kecepatan. Pada saat kecepatan berkurang dan mobil mengalami deselerasi, maka motor MGU akan menghasilkan arus listrik untuk mencharge baterai lithium ionnya.

Dengan tenaga kombinasi ini Swift Hybrid mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang cukup mengesankan yakni 32 km/liter.

Hatchback yang dikirim dari Jepang ini menggunakan mesin 4 silinder 1200 cc dualjet yang dikolaborasikan dengan transmisi 5 speed AMT. Dipastikan bahwa kehadiran mobil ini sebatas sebagai eksibisi belaka.  

 

 
Related
Updates

otodriver.com