Kelas compact SUV bakal kedatangan pemain baru dari Sokonindo tahun depan, dengan segala fitur yang disajikan mampukah mobil ini menumbangkan dominasi rival di kelasnya? Berikut perbandingannya

Versus : Glory 580 vs Chevrolet Trax vs Honda HR-V 1.5

 
Versus : Glory 580 vs Chevrolet Trax vs Honda HR-V 1.5

Kelas compact SUV bakal kedatangan pemain baru dari Sokonindo tahun depan, dengan segala fitur yang disajikan mampukah mobil ini menumbangkan dominasi rival di kelasnya? Berikut perbandingannya

Sokonindo Glory 580 memang baru akan diluncurkan tahun depan. SUV bermesin 1.800 cc dan 1.500 cc turbo ini dijejali dengan berbagai fitur canggih dan dibanderol  dengan harga yang sangat kompetitif.

Meski hingga saat ini harga resmi sang SUV belum juga dirilis Sokonindo, namun informasi yang beredar dari direksi Sokonindo berkisar antara Rp 280 - 350 jutaan.

Berdasar rentang harga tersebut Glory 580 hanya akan berhadapan dengan SUV berukuran lebih kecil seperti Honda HR-V ataupun Chevrolet Trax, namun Sokon unggul dari segi dimensi, bahkan dimensinya bisa disamakan dengan Honda CR-V , Nissan X-Trail maupun Chevrolet Captiva.

SUV kompak yang memiliki potensi sebagai lawan Glory 580 hadir dari kubu Honda dengan HR-V 1.5 S manual, HR-V 1.5 S  hingga HR-V 1.5 E CVT yang memiliki harga jual Rp 272-306 jutaan. Sedangkan penantang lainnya datang dari kubu Chevrolet dengan Trax yang dicanteli harga Rp 286 - 312 jutaan.

Dimensi

Dimensi menjadi keunggulan Sokonindo Glory 580 dari para rivalnya. Glory mengusung panjang 4.680 mm, lebar 1.858 mm dan tinggi 1.715 mm, jauh di atas HR-V yang hanya memiliki panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm atau Chevy Trax yang hanya berdimensi panjang 4.248 mm, lebar 2.035 mm dan tinggi 1.674 mm. Bahkan, SUV Cina ini lebih bongsor dari CR-V hanya memiliki panjang 4.584 mm x 1.855 mm x 1.679 mm.

Mesin dan Transmisi

Varian bermesin 1.500 cc turbo menjadi andalan dengan hempasan daya 150 PS sementara varian 1.8 L mampu mengais daya 139 PS saja. Kedua mesin tersebut disinergikan dengan transmisi manual 6-percepatan atau CVT sebagai pilihan.

Sedangkan Honda HR-V mengandalkan mesin 1.500 cc dengan muntahan daya 120 PS, jauh dari muntahan daya puncak SUV joint venture Tiongkok-Indonesia ini. Honda membekali HR-V dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

Walaupun kalah, namun perlawanan sengit dapat diberikan oleh Chevy. Mesin 1.400 cc turbo yang ada dalam engine bay Trax mampu memuntahkan daya 140 PS. SUV berlambang dasi kupu-kupu ini dibekali dengan transmisi otomatik 6-percepatan tanpa opsi manual.

Fitur keselamatan

Dengan hanya berbekal dua Airbags saja, maka HR-V menjadi SUV paling minim dalam jumlah kantong keselamatan ini. Glory 580 harus puas berada di posisi runner up  dengan berbekal empat airbags yakni dua airbag di bagian depan dan dua airbag di bagian samping. Sementara, Chevrolet muncul sebagai pemenang paling safety dengan menghadirkan 6 airbags (front, side, curtain).

Sedangkan dari sisi fitur keselamatan aktif, antara Sokonindo dan rival-rival sudah sama-sama dilengkapi dengan ESC (Electronic Stability Control) terintegrasi dengan ABS dan EBD. Dalam hal ini, Chevy kembali unggul dengan tambahan fitur Hill Start Assist yang absen dari dua rivalnya. Sedangkan Honda dibekali fitur unggulan lainnya yakni Emencency Stop Signal (ESS).

Ketiga mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti ISOFIX dan pretensioner with load limiter seatbelt untuk penumpang bagian depan.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

HR-V 1.5 tipe S dan Chevrolet Trax dibekali dengan layar monitor 6 inci. Sedangkan, HR-V tipe E dijejali dengan monitor 8 inci. Ukuran ini sama persis dengan layar monitor yang dipergunakan pada Glory 580.

Dalam rentang harga tersebut, Honda HR-V tidak dibekali dengan sunroof, sedangkan Chevy hanya membekalkan pada varian LTZ yang merupakan top levelnya. Sementara Sokonindo cukup royal dengan menyematkan fitur ini sebagai standar produknya.

 
Related
Updates

otodriver.com