Kaliper rem dibuat dengan proses 3D dan berbahan titanum, pengujian dilakukan dalam kecepatan tinggi di laboratorium.

Begini Cara Bugatti Melakukan Pengetesan Remnya.

 
Begini Cara Bugatti Melakukan Pengetesan Remnya.

Kaliper rem dibuat dengan proses 3D dan berbahan titanum, pengujian dilakukan dalam kecepatan tinggi di laboratorium.

Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Perangkat ini harus mampu menerima kondisi paling ekstrim dan harus tetap mampu memberikan pengereman yang baik pada mobil.

Untuk mobil yang bisa menggapai kecepatan 3 digit, panas dan bobot menjadi isu penting yang mempengaruhi kinerja rem.

Seperti dilansir road and track (21/12), Bugatti diketahui tengah mengembangkan rem dengan kaliper dengan bahan titanium. Material ini selain ringan namun cukup kuat dan juga mampu bekerja pada kondisi pengereman ekstrim.

Kaliper rem ini merupakan yang pertama kali di dunia yang dibuat dengan cara cetak 3D, bukan dengan cara cor konvensional. Satu kaliper ini dibuat dengan 2.313 lapisan material dan dibuat selama 45 jam untuk tiap unit kaliper. Hasilnya kaliper ini memiliki bobot hanya setengah dari bobot kaliper konvensional.

Lalu bagaimana dengan kinerjanya?

Bugatti telah melakukan pengetesan ekstrem dengan simulasi kecepatan puncak Chiron sebagai prioritasnya.

Dalam videonya, rem dites untuk menghentikan laju hingga menyentuj 400 km/jam.

Hasilnya piringan rem membara karena gesekan dan dikatakan bahwa dalam kondisi hingga 1.000 derajat Celsius, rem ini tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Volkswagen sebagai induk semang Bugatti sepertinya cukup senang dengan hasil tersebut, Namun demikian raksasa Wulfburg tersebut sepertinya belum sepenuhnya puas. Proses produksi dianggap terlalu lama dan mereka menyatakan akan terus melakukan eksperimen untuk memangkas waktu produksi.

Silakan saksikan videonya.

 
Related
Updates

otodriver.com