Beda dengan panjang usia aki zaman dulu dan negara empat musim.

carpedia : Ideal Umur Aki Hanya Satu Tahun, Berikut Ini Penjelasannya

 
carpedia : Ideal Umur Aki Hanya Satu Tahun, Berikut Ini Penjelasannya

Beda dengan panjang usia aki zaman dulu dan negara empat musim.

Berapa lama waktu yang baik melakukan penggantian aki? Pertanyaan yang sederhana, namun sering kali tidak mudah mencari jawabannya.

“Saat ini umur psikologis untuk aki adalah satu tahun,” terang  Eron Lumban Raja,  Manajer Sales & Distribution PT Wacana Prima Sentosa (WPS). “Hal ini berlaku pada mobil modern yang syarat dengan perangkat elektronik yang membutuhkan asupan listrik yang konstan. Di tambah lagi dengan kondisi jalanan yang macet,” ungkapnya.  

“Jalanan Indonesia khususnya dapat dikatakan cukup sadis. Kemacetan yang ada membuat ruang mesin cukup panas dan menyebabkan penguapan yang cukup tinggi pada aki. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab semakin pendek umur aki,” papar pria berdarah Batak ini.

Lebih jauh lagi Eron mengatakan bahwa sejauh ini bahan dasar aki tidak alami perubahan yang berarti, hanya saja memang terdapat beberapa penambahan teknologi. Namun bahan dasarnya tetap sama seperti aki jaman dahulu.

Ketika ditanya mengenai garansi aki di luar khususnya di negeri empat musim  yang berani memberikan jaminan bahkan hingga dua tahun. Eron menjelaskan bahwa kondisi di negara empat musim memiliki temperatur yang relatif lebih ‘adem’ dan hal tersebut berhubungan erat dengan tingkat penguapan aki yang rendah. Namun lebih lanjut Eron lebih lanjut mengatakan bahwa mereka memiliki habit untuk merawat dan melakukan pengecekan pada aki mobilnya.

“Mungkin karena ongkos untuk sekedar melakukan pengecekan aki mengharuskan untuk merogoh saku lumayan dalam, “ tutupnya.

 

otodriver.com