Sejarah singkat mengenai Klakson, apa fungsinya, dan kapan pertama kali ditemukan?

Klakson adalah trompet elektromekanik atau sebuah alat yang membuat pendengarnya waspada.

Biasanya klakson digunakan mobil untuk mengkomunikasikan sesuatu, atau digunakan untuk memperingati pengendara yang kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan menyebabkan kecelakaan.

Selan itu, fungsi klakson juga dapat memberi tahu pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang, mengingatkan akan kemungkinan bahaya yang terjadi, ingin mendahului, atau menyatakan perasaan emosional.

Menurut sejarahnya, klakson elektrik ditemukan oleh Miller Reese Hutchison yang merupakan kerabat Thomas Edison. Klakson di terapkan pada mobil mulai tahun 1908. Tapi, pertama kali klakson ini dipasang mobil pribadi, arus listriknya berasal dari baterai sel kering berkekuatan 6 volt, lalu pada tahun 1911 mulailah arus listrik untuk membunyikan klakson menggunakan baterai yang bisa diisi ulang.

Suara khas dari klakson ketika ditekan berasal dari sebuah elektromagnet yang digunakan untuk menggerakan baja spiral. Jika elektromagnet tersebut diberi arus, spiral tersebut bergerak ke arah magnet. Ketika spiral berpindah di titik maksimum ke arah magnet, sambungan dilepaskan yang menyebabkan arus berhenti untuk beberapa saat dan menyebabkan baja spiral tersebut mengendur. Setelah itu, elektromagnet kembali begerak ke arah besi. Siklus ini terjadi berulangkali dan menyebabkan baja spiral berosilasi kembali yang menghasilkan suara klakson tersebut.