Meski didukung teknologi terkini, namun mobil listrik ada keunggulan dan juga kekurangannya

carpedia : Mobil Listrik, Tak Melulu Unggul Tetapi Ada Juga Kekurangannya

 
carpedia : Mobil Listrik, Tak Melulu Unggul Tetapi Ada Juga Kekurangannya

Meski didukung teknologi terkini, namun mobil listrik ada keunggulan dan juga kekurangannya

Isu terkuat yang kemudian membawa kembali mobil listrik atau hibrid sebagai bagian dari lini produksi di berbagai merek mobil adalah faktor lingkungan dan sumber daya alam (minyak) yang semakin menipis.

Dari tahun ke tahun kehadiran mobil ramah lingkungan semakin bertambah jumlahnya. Seperti diungkap oleh justenergysolutions.com, pertumbuhan mobil listrik di Eropa mengalami peningkatan pesat.

Pengingkatan ini tak hanya oleh kemapanan regulasi namun disebabkan juga oleh resume yang didapatkan dari pengalaman mengendarai mobil listrik yang dibagikan pada pengguna kendaraan lainnya.

Walau demikian, bukan berarti mobil listrik tidak memiliki kekurangan yang menjadi hal negati saja. Berikut ini kelebihan dan kekurangan mobil listrik

 

Kelebihan

 

  1. Lebih murah dalam operasional

Dari sudut pandang hitungan matematis, energi listrik lebih murah. Uang yang dipergunakan untuk melakukan pengisian daya listrik jauh lebih murah dibandingkan dengan uang yang dipergunakan untuk membeli bahan bakar. Berdasarkan perhitungan di Inggris untuk 12 ribu km hanya diperlukan biaya sebesar £80 atau Rp 160 ribuan saja.

Jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 1 liter tiap 10 km, dengan harga misalkan seliter Rp 10 ribu, untuk jarak 120 ribu kilometer akan menghabiskan biaya Rp 120 juta.

 

    b. Low Maintenance

Motor listrik tidak sekompleks mesin bakar yang memiliki banyak sekali bagian bergerak. Maka bagian yang mengalami keausan tidak akan sebanyak mobil mesin bakar.

 

      c. Kencang dan Senyap

Mobil listrik mampu berakselerasi lebih spontan dibandingkan dengan mobil biasa. Mobil ini sangat senyap di mana mesinnya hanya menghasilkan suara berdengung saja. Saking senyapnya beberapa pabrikan melengkapi mobilnya dengan suara artificial dengan tujuan bahwa pengguna jalan lain akan tahu saat mobil ini melintas.

 

       d. Tidak memiliki emisi karbon

Dalam penggunaannya mobil listrik jauh lebih bersih dibandingkan mobil konvensional. Hal ini terbukti dengan membaiknya kualitas udara di beberapa kota di Eropa yang sudah banyak menggunakan jenis mobil ini. Sebagai catatan, sumber pembangkit listriknya pun harus menggunakan pembangkit yang ramah lingkungan dan bukan berasal dari bahan bakar fosil.

 

Kekurangan

 

  1. Jarak tempuh terbatas

Jarak tempuh mobil listrik relatif terbatas, untuk itu ketika harus menempuh jarak perjalanan jauh maka pengguna harus memastikan posisi charging station terlebih dulu pada jalur yang dilewatinya.

       b. Butuh Waktu Lama Untuk Isi Baterai

Proses pengisian daya listrik pada baterai mobil listrik jauh lebih lama dibandingkan dengan waktu isi bensin mobil biasa. Sebagai perbandingan waktu normal charge mobil memakan waktu 30 menit hingga 12 jam (dikutip dari Qaora.com). Walau saat ini tersedia fitur quick charging namun tetap saja untuk mengisi penuh baterainya butuh waktu lebih banyak dari sekedar mengisi penuh BBM ke dalam tangki mobil konvensional. Waktu pengisian quick charge rata-rata berlangsung 15 menit.

 

       c. Harga beli yang mahal

Untuk memiliki mobil listrik butuh modal awal yang lebih besar dibandingkan memiliki mobil konvensional sekelasnya. Hal ini dikarenakan teknologi mobil listrik masih sangat mahal. Untuk itu, banyak negara memberikan insentif pajak untuk merangsang pertumbuhan pasar mobil listrik.

 

       d. Pilihan terbatas

Saat ini jumlah mobil listrik yang beredar tak sampai seujung kuku dibandingkan populasi mobil konvensional, sehingga pilihannya pun sangat terbatas.

 

       e. Diperlukan ketersediaan infrastruktur pendukung

          Mobil listrik sangat tergantung dengan pengisian daya dari sumber eksternal baik berupa listrik dari rumah tangga, gedung perkantoran maupun stasiun pengisian listrik umum dengan spesifikasi tertentu.

Untuk bisa memopulerkan kendaraan listrik maka dibutuhkan infrastruktur pendukung ini tersedia secara masif dan tersebar di berbagai daerah.

 

 

 

otodriver.com