Bukan hanya berapa jumlahnya, namun juga jarak tambalan perlu diperhatikan.

Berapa Maksimal Tambalan Pada Ban Mobil? Baca Ini Supaya Aman!

 
Berapa Maksimal Tambalan Pada Ban Mobil? Baca Ini Supaya Aman!

Bukan hanya berapa jumlahnya, namun juga jarak tambalan perlu diperhatikan.

Melakukan penambalan pada ban yang dikarenakan tertusuk benda tajam jamak dilakukan dan hal ini pun berlaku pula pada ban tubeless. Namun, perlu diingat bahwa harus diperhitungkan jumlah maksimal tambalan ban yang dapat dilakukan.

“Belum ada batasan yang menyebutkan seberapa banyak tambalan boleh dilakukan, akan tetapi perlu diiingat bahwa semakin banyak tambalan maka resiko celaka menjadi lebih besar,” terang Rudy Novianto, Instruktur Sentul Driving  Course beberapa waktu silam saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat.

Semakin bertambah jumlah tambalan, maka akan memperbesar potensi kehilangan tekanan udara (bocor halus) walaupun tidak selalu demikian. “Namun sudah pasti terjadi adalah kerusakan konstruksi ban. Terlebih jika lokasi tambalan berdekatan,” ungkap Rudy.

Rudy menegaskan, walau secara aturan belum ada jumlah maksimal tambalan yang disarankan, namun diingatkan bahwa ada baiknya untuk membatasi jumlahnya. “Bisa saja kita batasi hingga lima tambalan atau malah kurang dari itu jika lokasi tambalan satu dan lainnya berdekatan,” imbuhnya.

"Secara teori, jika antara tambalan yang satu dengan yang lain hanya berjarak dua sentimeter, atau malah kurang tergolong tidak aman. Dua sentimeter atau lebih itu batas amannya," tutup Rudy.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com