Seringkali terasa pedal rem bergetar saat diinjak, biasanya masalah tersebut timbul akibat kondisi piringan cakram yang bergelombang akibat kampas rem habis. Solusi murah dibubut, apakah aman?

Cakram Rem Bergelombang? Ganti Baru Atau Bubut?

 
Cakram Rem Bergelombang? Ganti Baru Atau Bubut?

Seringkali terasa pedal rem bergetar saat diinjak, biasanya masalah tersebut timbul akibat kondisi piringan cakram yang bergelombang akibat kampas rem habis. Solusi murah dibubut, apakah aman?

Urusan pengereman memang paling utama dalam berkendara. Pasalnya jelas menjadi salah satu penentu dalam faktor keselamatan dan keamanan.

Tidak bisa dipungkiri, seiring waktu, ketebalan cakram jelas akan berkurang karena kerap tergeseknya kampas rem pada cakram, guna mereduksi kecepatan. Kalau memang cakram sudah tipis, ya perlu diganti baru.

Namun yang terjadi tak selalu begitu. cakram yang masih tebal dan terbilang aman digunakan, ternyata sudah bergelombang akibat penggunaan yang cukup sering.

Cirinya saat rem diinjak, pedal akan terasa bergetar hingga ke bagian kaki.

Ada solusi yang cukup ramah di kantung, namun aman untuk digunakan dalam berkendara. Yaitu cakram dibubut permukaannya hingga rata kembali, sehingga tidak bergetar saat pengereman.

Iskandar dari Start Tire Pecenongan menyebutkan, pada dasarnya seluruh model cakram pada mobil dapat dibubut, asal ketebalannya masih dalam batas toleransi. Atau dengan kata lain cakram memang tidak pernah dibubut sebelumnya.

"Membubut cakram merupakan solusi yang murah dan mudah untuk mengembalikan kinerja piringan cakram. Biayanya hanya Rp 150 ribu per buah dan pengerjaannya pun bisa langsung dilakukan di mobil tanpa perlu melepas cakram,” tambahnya.

Lantas bagaimana perbandingannya dengan mengganti baru?

Dari data yang berhasil redaksi Carreview.id kumpulkan, untuk Mercedes-Benz tipe W124 dan W210 lansiran ATE dibanderol Rp 650 ribu per buah, sementara genuine berharga Rp 1,250 juta per buahnya.

Menurut pengalaman Dwi Wahyudi dari Nissan X-Trail Indonesia, dirinya pernah mengalami persoalan serupa, rem saat diinjak bergetar dan cakram divonis bergelombang. Jika membeli baru sepasang piringan rem Nissan Xtrail T30 lansiran 2008 miliknya harus ditebus seharga Rp 1,5 juta.

Alih-alih efisiensi, ia pun memilih untuk membubutnya saja ketimbang harus merogoh kocek dalam-dalam dan mengganti baru kampas remnya agar pengereman tetap optimal.

Start Tire

Jl. Pecenongan No.25 Jakarta Pusat

Telp. 021-3440680

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com