Ada beberapa hal yang perlu dipatuhi dan perlu dihindari ketika kita berkendara dalam kondisi hujan. Apa saja?

Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Berkendara Dalam Hujan Lebat

 
Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Berkendara Dalam Hujan Lebat

Ada beberapa hal yang perlu dipatuhi dan perlu dihindari ketika kita berkendara dalam kondisi hujan. Apa saja?

Sebagai negara dua musim, Indonesia akan menghadapi musim hujan yang bisa terjadi selama berbulan-bulan.

Khusus untuk menghadapi musim ini, kita harus melakukan beberapa persiapan pada fisik kendaraan, agar dapat optimal menerjang guyuran hujan. Mulai dari kondisi ban, rem, kondisi karet wiper ataupun kondisi kaca masuk dalam rangkaian persiapan fisik.

Namun, perlu ditekankan bahwa ada hal lain yang perlu diperhatian selain itu, yakni kesiapan mental dan lebih memahami aturan berlalu lintas yang berlaku.

“Mengemudi di tengah guyuran hujan memiliki handicap yang lebih dibandingkan nyetir dalam kondisi normal. Jarak pandang akan lebih terbatas, begitu pula dengan cengkaman pada ban. Oleh karena itu kita perlu menjaga jarak dan kecepatan yang aman,” terang Asep Rianto salah satu pengiat safety driving asal Bandung.

“Kita sadar bahwa mengendarai di tengah hujan terutama hujan deras memiliki tekanan tersendiri, hingga kita cenderung ekstra protektif,” lanjut pria yang juga pebengkel khusus kendaraan 4x4 ini.

“Sayang sekali kecenderungan ekstra protektif ini sering diwujudkan dengan tindakan yang tidak benar. Paling banyak ditemui adalah menyalakan hazard,” paparnya.

"Menyalakan hazard pada saat berkendara sangat berbahaya. Kendaraan kehilangan komunikasi dengan pengemudi lainnya karena tidak tau arah yang akan ditujunya , kiri ataukah kanan,” jelas pria yang memiliki kerap disapa Hale ini. “Pedar cahaya hazard dalam waktu lama akan membuat mata pengendara di belakangnya lebih cepat lelah dan melakukan kesalahan kalkulasi jarak,” tegasnya.

“Jangan nyalakan hazard saat mobil berjalan dan hanya nyalakan saat mobil berhenti,” tutupnya.

  

Selain membingungkan pengemudi lain, dalam waktu lama cahaya lampu hazard akan membuat mata cepat lelah

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com