Ban memiliki peran yang penting dalam menjaga kemanan dan kenyamanan ketika berkendara. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Inilah Tiga Hal Pada Ban yang Harus Diperhatikan Supaya Aman Ketika Berkendara

 
Inilah Tiga Hal Pada Ban yang Harus Diperhatikan Supaya Aman Ketika Berkendara

Ban memiliki peran yang penting dalam menjaga kemanan dan kenyamanan ketika berkendara. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Daihatsu kembali menggelar sharing edukasi  kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui program Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan tema Defensive Driving for Daihatsu Club.

Program yang telah menginjak tahun kedua ini, diadakan dalam 7 batch dan tahun ini di dukung oleh GT-Radial.

Sebelumnya, Daihatsu telah  mengadakan batch 1 yang diadakan pada 13 Mei 2018 diikuti oleh 2 club yaitu Terios Rush Club Indonesia (TERUCI) dan Ceria Club Indonesia (CCI). Pada bulan ini, Daihatsu kembali mengadakan batch 2 yang diikuti oleh dua club yaitu Terios Indonesia dan Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC). Pada batch ini, diberikan sharing mengenai “Pentingnya Kondisi Ban Kendaraan”.

“Daihatsu mengangkat tema pentingnya Kondisi Ban Kendaraan dikarenakan melihat banyaknya tingkat kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh kondisi ban yang buruk, kami berharap dengan sharing ini dapat  memberikan edukasi kepada rekan sahabat Klub Daihatsu untuk lebih bijaksana dan antisipatif dalam berkendara”,  ujar Ben Faqih.

Dalam sesi ini peserta diberikan materi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan pada ban sehingga berkendara menjadi aman dan nyaman, berikut penjelasannya :

1. Tekanan Angin

Tekanan angin yang tidak sesuai bukan hanya dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara, namun juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan seperti ketika tekanan angin kurangakan terjadi gaya gesekan yang tinggi dan dapat berakibat panas pada ban menyebabkan terjadinya ban robek atau meletus dikarenakan panas.

2. Ketebalan ban mobil

Saat ban sudah tipis akan kehilangan daya traksi dan memudahkan terjadinya tergelincir ketika berkendara. Disarankan apabila ban mobil sudah tipis segera diganti dengan ban yang baru untuk menghindari resiko kecelakaan.

3. Masa pakai Ban

Ban yang baik digunakan antara 3-5 tahun, meskipun kembangan karet ban masih tebal sebaiknya harus diganti, dikarenakan menurunnya kenyamanan berkendara.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com