Perjalanan jauh ini akan mengasyikkan jika pengemudi maupun kendaraan dalam kondisi baik.

Jakarta-Surabaya Cukup 10 Jam Saja, Namun Jangan Lupa Hal-Hal Ini Sebelum Melintas.

 
Jakarta-Surabaya Cukup 10 Jam Saja, Namun Jangan Lupa Hal-Hal Ini Sebelum Melintas.

Perjalanan jauh ini akan mengasyikkan jika pengemudi maupun kendaraan dalam kondisi baik.

Rute Jakarta-Surabaya kini dapat ditempuh dalam waktu 10 jam saja. Semuanya menjadi nyata sejak Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas tol Trans Jawa, tepatnya di Km 671, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12).

Total panjang jalur Tol Trans Jawa terhitung dari Jakarta hingga Surabaya merangkum jarak sepanjang 759,61 km, yang terbagi menjadi 11 ruas tol.

Tentunya perjalanan menjadi lebih lancar dan nyaman jika dibandingkan 'jalur lama' apalagi dibandingkan dengan jalur Deandels yang menyusuri kota-kota di pesisir utara Jawa.

Namun demikian untuk melewati tol TransJawa, bukan berarti tidak ada tantangan dan untuk menempuh perjalanan jauh ini tentunya dibutuhkan strategi dan persiapan tersendiri.

Selain panjang, jalur ini masih relatif baru sehingga kita harus menggali informasi lebih lanjut terutama mengenai rest area dan juga tempat pengisian bahan bakar.

Disarankan untuk melakukan persiapan yang baik agar perjalanan nyaman dan menyenangkan.

1. Perencanan Perjalanan

Perjalanan jauh dengan jalur bebas hambatan ini relatif baru sehingga harus dipetakan terlebih dulu tempat-tempat pengisian bahan bakar dan rest area untuk beristirahat.

2. Memastikan Kondisi Mobil Prima

Mesin, transmisi, rem dan kondisi ban serta AC  menjadi bagian yang harus dipastikan kondisinya. Semua bagian tersebut dipastikan dalam kondisi prima. Tekanan ban wajib diperhatikan, jika masih menggunakan ukuran ban standar, bisa menyesuaikan tekanan ban dengan keterangan yang umumnya ditempel pada pilar B. Pastikan perangkat penunjang, seperti kunci roda dan dongkrak tersedia, serta pastikan ban cadangan alam kondisi layak.

3. Lampu Harus Berfungsi Dengan Sempurna

Pastikan kondisi semua lampu berfungsi dengan baik dan sempurna. Mulai lampu utama, lampu sein, lampu rem, hingga lampu kabin.

4. Persiapkan Obat-Obatan, Makanan dan Minuman Ringan

Kotak P3K dalam kondisi baik dan obat tidak kedaluarsa. Waspadai anggota keluarga yang rentan alami mabuk darat dengan menyiapkan tissue dan kantung muntah. Makanan dan minuman ringan dalam jumlah cukup menjadi teman perjalanan terutama pengemudi dan co-drivernya.

5. Gunakan kursi keselamatan anak 

Bagi penumpang balita disarankan untuk menggunakan kursi khusus untuk untuk bayi dan anak kecil.

6. Waspadai cuaca dan kondisi Jalan

Rute tol ini hampir semuanya merupakan daerah terbuka dan beberapa di antaranya membelah gunung yang cukup rawan munculnya angin samping. Begitupun cuaca di bulan Desember hingga Januari memiliki potensi curah hujan yang cukup tingg, yang perlu diwaspadai.

7. Pastikan Kenyamanan Perjalanan.

Perjalanan panjang menguras tenaga dan dilakukan hingga berjam-jam. Pastikan pengemudi tetap fresh dan jangan sampai memaksakan diri apabila sudah terasa mengantuk atau lelah. Sediakan juga lagi yang mampu menghalau kebosanan ataupun permainan untuk penumpang.

 

 
Related
Updates

otodriver.com