Tak perlu muluk-muluk, menjaga performa blade wiper ternyata cukup murah dan mudah.

Jika Ingin Wiper Blade Awet, Lakukan Hal Ini

 
Jika Ingin Wiper Blade Awet, Lakukan Hal Ini

Tak perlu muluk-muluk, menjaga performa blade wiper ternyata cukup murah dan mudah.

Wiper merupakan perangkat standar mobil yang perannya penting, apalagi saat hujan turun. Salah satu bagian yang paling vital adalah blade karetnya. Bagian ini yang berfungsi untuk menghalau air menempel dipermukaan kaca mobil.

Jika blade wiper mengalami kerusakan, maka tidak akan optimal dalam menyeka air dan malah akan membuat buram pandangan kaca.

Hanya saja, kita tidak pernah tahu kapan blade akan kehilangan optimalisasi dalam bekerja. Jika perangkat ini rusak maka jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru.

Namun, sebenarnya untuk memperpanjang usia blade wiper ada cara-cara yang relatif sederhana.

“Tindakan ini sebenarnya lebih cenderung sebagai tindakan preventif dan juga tindakan pemeliharaan. Jadi apabila sudah terlanjur rusak ya harus diganti yang baru,” terang Haryadi Nugroho salah satu pegila otomotif di bilangan Jakarta Timur.

“Karet blade harus dijaga kebersihannya, sehingga debu yang menempel dan berpeluang untuk membuat goresan pada kaca dapat diminimalisir,” tutur pria yang akrab disapa Nunug ini.

“Caranya dengan mengusap permukaan blade menggunakan kanebo setiap hari, sebelum mobil dikendarai,” sambung pria yang gemar melakukan eksperimen pada mobilnya ini.

Lebih jauh lagi, Nunung mengatakan bahwa untuk menjaga kelembaban karet, seka dengan minyak zaitun seminggu sekali. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan tissue.  

Selain minyak zaitun, bisa juga menggunakan bahan lain seperti silikon spray yang disemprotkan pada permukaan blade setelah peranti ini dipastikan bersih dari debu yang menempel.  

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com