Setidaknya ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil kembali prima.

Lima Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh

 
Lima Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Perjalanan Jauh

Setidaknya ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil kembali prima.

Bagi sebagian orang, libur panjang digunakan untuk melancong atau melakukan perjalanan jauh. Salah satu pilihannya tentu menggunakan mobil menempuh jarak ratusan kilometer.  

“Bukan tidak mungkin dengan jarak tersebut kondisi mobil tak lagi prima setelah perjalanan, sehingga butuh dilakukan kiat-kiat khusus untuk menjadikan mobil kembali prima,” tutur Agus Sugianto, pemilik bengkel Pojok yang berada di wilayah Jati Makmur Pondok Gede, Bekasi.

Pria yang akrab disapa Agus Kayun ini mengatakan bahwa setidaknya terdapat 5 langkah yang harus dilakukan untuk mengembalikan mobil pada kondisi semula.

Membersihkan Eksterior dan Interior

Langkah penyegaran dilakukan dengan membersihkan bagian luar dan juga interior mobil. Debu, lumpur, noda dan pasir harus dibersihkan dari permukaan eksterior mobil. Dilanjutkan pada bagian interior yang biasanya banyak ditemui kotoran seperti sisa remah makanan atau lainnya.

Cek Kondisi Oli Dan Cairan Radiator

Pastikan kondisi oli mesin, transmisi dan gardan dalam kondisi baik. Tidak ada salahnya melakukan penggantian oli lebih awal terlebih untuk mobil yang sudah berumur. Cek kondisi coolant pada radiator dan lakukan penggantian apabila sudah dirasa tidak baik lagi kondisinya.

Cek kaki-kaki dan ban

Perangkat kaki-kaki seperti sokbreker, tie rod dan sebagiannya menjadi bagian yang wajib dicek. Terlebih jika diketahui bahwa mobil pernah menghajar lobang di jalanan rusak selama perjalanan berlangsung. Setelah itu pastikan kondisi ban baik. Pastikan tidak ada benjolan dan juga telapak ban yang ketebalannya sudah di ambang batas yang sudah ditentukan.

Busi dan Saringan Udara

Kedua peranti itu terlihat sepele. Biasanya, busi mengalami penurunan kemampuan seiring dengan usia pemakaian. Namun kinerjanya bisa juga turun karena mobil digeber dalam jangka waktu lama atau malah menghadapi jalanan macet selama berjam-jam. Karena itu sebaiknya anda mengganti busi itu agar performa mesin bagus. Sedangkan untuk saringan udara bisa saja dibersihkan atau jika ingin maksimal ganti dengan yang baru.

Cek Kondisi AC

Perangkat AC merupakan perangkat kenyamanan yang tak bisa lagi ditawar keberadaannya. Melakukan pengecekan setelah perjalanan jauh menjadi suatu keharusan supaya perangkat ini tetap berfungsi optimal setelahnya. Mulailah pengecekan dari filter cabin, kompresor, kebersihan kondensor serta tekanan refrigerant

 

 
Related
Updates

otodriver.com