Harusnya semua kelistrikan akan aman asalkan semua spesifikasi dan instalasi dilakukan dengan benar.

Mobil Terbakar Karena Modifikasi Audio? Hal-Hal Ini yang Harus Dipahami

 
Mobil Terbakar Karena Modifikasi Audio? Hal-Hal Ini yang Harus Dipahami

Harusnya semua kelistrikan akan aman asalkan semua spesifikasi dan instalasi dilakukan dengan benar.

Bagi sebagian orang, sistem audio bawaan mobil dianggap tidak cukup memuaskan kuping mereka, atau bisa dibilang unit bawaan tidak memiliki fitur yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, solusinya tak lain adalah mengganti sistem audio tersebut dengan perangkat yang memiliki hal yang diinginkan, semisal GPS atau perangkat pemutar musik yang lebih canggih. Hanya saja, sering kali muncul keraguan, terutama munculnya potensi kebakaran pada mobil ketika modifikasi.

“Sebenarnya melakukan penggantian head unit atau upgrade sistem pada mobil adalah hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan,” terang Jasum dari Pesona Audi. “Hanya saja kondisi ideal ini bisa didapati dengan penggunaan peranti yang ideal juga,” sambungnya.

Menurut Jasun, semuanya akan baik-baik saja apabila menggunakan barang yang tepat, instalasi yang baik, sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan peranti pengaman sekring (fuse).

“Walau merek yang tak terkenal sekalipun head audio moderen tak perlu terlalu dikhawatirkan. Jika ada masalah, semisal kesalahan pemasangan kabel maka yang akan mati head unitnya,” lanjutnya. “Ada semacam fuse yang akan putus pada unit tersebut sehingga resiko terjadi kebakaran karena konsleting dapat ditekan,” imbuh pria berdarah Jawa ini.

“Sejauh pengalaman, masalah kebakaran karena konsleting dikarenakan absennya sekring tambahan dan juga penggunaan kabel di luar  spesifikasi yang semestinya,” sambung pria yang buka praktek di bilangan Pos Pengumben Jakarta Selatan ini.

Masalah lain yang sering jadi biang kebakaran adalah terkelupasnya kabel tambahan audio yang kemudian menempel pada bodi mobil. Solusinya adalah dengan memperhatikan jalur kabel tersebut diberi pelindung karet sehingga kabel aman dari gesekan dengan bodi.

Sekring tambahan menjadi safety factor  

 

 
Related
Updates

otodriver.com