Kecepatan dan kondisi ban menjadi kunci utamanya. Apa lagi yang perlu diperhatikan?

Tips Mencegah Mobil Tergelincir Saat Berkendara Dalam Kondisi Hujan

 
Tips Mencegah Mobil Tergelincir Saat Berkendara Dalam Kondisi Hujan

Kecepatan dan kondisi ban menjadi kunci utamanya. Apa lagi yang perlu diperhatikan?

Saat hujan turun, cengkraman ban terhadap permukaan jalan pun terpangkas menjadi lebih kecil. Air hujan yang membasahi permukaan jalan kadang juga menggenang sehingga membahayakan para pengemudi. Kondisi ini dikenal juga sebagai hydroplaning atau aquaplaning.

“Saat terjadi aquaplaning, ban mengambang di atas permukaan jalan sehingga mobil kehilangan traksi dan kontrol,” jelas Rudy Novianto, Defensive Driving Trainner Sentul Driving Course saat ditemui beberapa waktu lalu. “Dalam berbagai situasi, aquaplaning bisa terjadi namun sebenarnya bisa diminimalisir atau malah dihindari,” tambahnya.

Lalu bagaimana cara menghindari terjadinya aquaplaning? Rudy memaparkan hal-hal yang data dilakukan untuk mencegah terjadinya hydroplanning ini.

1. Tidak berkendara terlalu cepat

Apapun jenis bannya, saat menerjang genangan air dalam kecepatan tinggi maka akan mengakibatkan hydroplaning. Oleh karena itu, kendarai mobil anda dalam kecepatan yang lebih rendah dan jaga jarak aman dengan pengemudi lainnya. Kecepatan maksimal 60-70 km/jam dianggap relatif aman berkendara.

2. Kondisi ban yang tidak sesuai dengan kondisi hujan

Sebenarnya ada beberapa merek ban yang didesain khusus untuk mempertahankan traksi dan cengkraman saat hujan. Namun, ban standar pun masih bisa digunakan, namun ada beberapa ban yang tidak boleh digunakan saat hujan, seperti ban slick atau semi slick yang sepenuhnya didesain sebagai ban permukaan kering.

3. Kondisi ban yang tak layak

Tingkat keausan ban memperngaruhi performa dan kemampuan mencengkeram permukaan jalan. Dengan telapak ban yang sudah aus, maka air yang ada dalam telapak bannya lebih susah dibuang.

4. Tekanan Angin ban

Sebelum berkendara, sebaiknya periksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan. Ban dengan tekanan angin kurang akan susah membuang air, sedangkan terlalu keras bannya akan maka bidang kontek terhadap permukaan jalan lebih kecil.

Kondisi ban berpengaruh besar pada cengkraman ban pada permukaan jalan .

 

 
Related
Updates

otodriver.com