Dealer Toyota Auto2000 menjadi pusat perhatian dunia dengan ditandai kunjungan sembilan duta Negara Asia Pasifik. Membawa harum nama Indonesia di dunia industri otomotif.

Auto2000 : Sebagai Dealer Toyota Terbesar Di Dunia Menerima Kunjungan Sembilan Duta Negara Asia Pasifik

 
Auto2000 : Sebagai Dealer Toyota Terbesar Di Dunia Menerima Kunjungan Sembilan Duta Negara Asia Pasifik

Dealer Toyota Auto2000 menjadi pusat perhatian dunia dengan ditandai kunjungan sembilan duta Negara Asia Pasifik. Membawa harum nama Indonesia di dunia industri otomotif.

Persaingan di dunia otomotif saat ini semakin ketat, khususnya kendaraan roda empat. Banyak pemain-pemain baru hadir di Indonesia yang memoerkeruh peta persaingan antar-merek. Tidak terkecuali Toyota yang memiliki dealer Auto2000 yang saat ini masih terbesar di dunia.

Salah satu inisiatif baru guna menjaga pelanggan agar tetap loyal pada Auto2000 adalah Voice of Customer (VOC) Utilization System. VOC menjadikan suara konsumen Auto2000 sebagai media untuk melakukan pengembangan terus menerus (Kaizen) terhadap segala bentuk layanan yang bersentuhan dengan pelanggan. 

Auto2000 memahami, sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, sekaligus di dunia, improvement secara berkelanjutan merupakan sesuatu yang harus dilakukannya. “Kaizen sebagai  hal yang harus tertanam dalam keseharian kami, Voice of Customer menjadi penting untuk memberikan pengalaman memiliki kendaraan terbaik bagi konsumen,” jelas Ricky Martawijaya, selaku Senior Division Head Auto2000, Selasa (27/3/2018).

“Caranya adalah dengan memahami keinginan dan mendengarkan setiap kritik, masukan, dan saran pelanggan dalam setiap proses yang berjalan di Auto2000. Suara konsumen menjadi acuan bagi cabang guna melakukan inovasi dan terobosan untuk menyajikan layanan terbaik dan menjaga tingkat kepuasan pelanggan,” tegas Ricky.

Untuk mempelajari lebih jauh efektivitas dari project VOC, Auto2000, bersama PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) melakukan acara kunjungan khusus ke Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta Pusat (27/3/2018).  Auto2000 Cempaka Putih merupakan dealer Auto2000 yang telah sukses menjalankan project VOC dan akan segera dilanjutkan ke seluruh cabang Auto2000 lainnya pada pertengahan tahun 2018 ini.

Kunjungan ini merupakan bagian dari acara The 6th CSKE CR Workshop Indonesia yang diadakan oleh TMAP dan PT TAM. Partisipan sebanyak sembilan duta yang berasal dari beberapa negara Asia Pasifik, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, Vietnam, India, Pakistan, dan Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Auto2000 menjelaskan bagaimana skema VOC dijalankan agar dapat menyentuh hati pelanggan namun tetap sesuai dengan standar operasi yang berlaku. Segala bentuk masukan dari pelanggan langsung dicarikan solusi penyelesaian.

“VOC Utilization System sejalan dengan upaya Auto2000 untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Toyota sesuai dengan konsep layanan baru yakni ‘Auto2000 Lebih’ dengan tagline ‘Urusan Toyota Lebih Mudah’. Dengan begitu, pemilik dan calon pembeli Toyota merasakan pengalaman unik dan mengesankan, yang pada akhirnya menjadi loyalis Toyota dan Auto2000,” tutup Ricky.

Sekadar catatan kalau Auto2000 merupakan penyumbang terbesar  di Indonesia, baik dari sektor penjualan maupun aftersales service. Total kontribusi Auto2000 sebesar 45% sampai dengan Februari 2018. Tercatat penjualan Toyota Global sendiri mencapai 9,4 juta unit, dan Indonesia menjadi negara penyumbang penjualan nomor 1 di Asia dan nomor 4 di dunia, berdasarkan data dari TAM.

Menanggapi kehadiran sembilan duta Toyota dari sejumlah negara di Asia Pasifik, Apong Arfiansyah selaku pengamat otomotif sekaligus CEO PT Ahza Global Strategis, perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan marketing, memberikan apresiasi lantaran Auto2000 sudah menjadi centre of interest Toyota di dunia. "Namun, hal tersebut akan justru menjadi lebih berat tanggung jawabnya, baik terhadap masyarakat Toyota di dunia, juga di Indonesia. Pun begitu metoda VOC Utilization System seharusnya bisa menjadi contoh untuk dealer Toyota lainnya seperti Tunas, Astrido, dan Nasmoco, agar pencitraan Toyota juga bisa dipertahankan," jelas pria yang pernah menduduki posisi strategis di PT Bajaj Auto Indonesia dan Tata Motors ini.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com