Ghosn sukses membangkitkan Renault dan Nissan dari terkepurukan, serta membuat Mitsubishi lebih cemerlang.

Carlos Ghosn, Bos Besar Nissan Yang Terjerat Manipulasi Keuangan

 
Carlos Ghosn, Bos Besar Nissan Yang Terjerat Manipulasi Keuangan

Ghosn sukses membangkitkan Renault dan Nissan dari terkepurukan, serta membuat Mitsubishi lebih cemerlang.

Carlos Ghosn merupakan Midas dalam kerajaan otomotif. Midas adalah nama seorang raja dalam mitologi Yunani. Keistimewaan yang dimilikinya adalah mengubah semua barang yang disentuhnya menjadi emas. Pria berdarah Libanon-Brazil ini terbukti mampu membangkitkan Renault dan Nissan dari keterpurukan. Selain itu pemegang passport Prancis ini mampu membuat Mitsubishi Motors tampil lebih cemerlang.

Namun kejayaan Ghosn ini terjungkal dengan manipulasi pajak yang dilakukannya sepanjang ia menjabat sebagai petinggi Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Ghosn saat ini telah ditangkap oleh Jaksa Distrik Kota Tokyo, terkait skandal pengelapan data penghasilan dan tuduhan pelanggaran regulasi pasar modal di Jepang.

Terkait masalah ini, Mitsubishi Motors mengusulkan untuk mencopot posisinya sebagai Chairman of The board and Representative Director di MMC. Perihal tersebut tertuang dalam siaran pers resmi dari pihak Tiga Berlian.

Muasal terkuaknya skandal ini berasal dari informasi yang disampaikan oleh whisler blower (pembisik) kepada managermen Nissan Motor Co Ltd. Pihak Nissan kemudian melakukan penyelidikan internal dan menemukan manipulasi dan penyalahgunaan aset perusahaan untuk keperluan pribadi.

Ranault menjadi pabrikan pertama dalam Aliansi yang mendapatkan sentuhan Ghosn. Merek Prancis ini tengah berada dalam keterpurukan saat Ghosn bergabung. Ghosn memiliki andil besar dalam terbentuknya Aliansi Renault-Nissan yang mampu membuat kedua merek tersebut bangkit kembali. Mitsubishi tercatat bergabung kemudian dengan Aliansi tersebut, pada 2016.

 
Related
Updates

otodriver.com