FCA akan kembali membuat SUV legendarisnya dengan chassis ladder frame, kemungkinan besar Wagonner juga akan berbagai platform dengan Jeep Wrangler. Mengapa demikian?

FCA Siapkan Jeep Mewah Penantang Range Rover

 
FCA Siapkan Jeep Mewah Penantang Range Rover

FCA akan kembali membuat SUV legendarisnya dengan chassis ladder frame, kemungkinan besar Wagonner juga akan berbagai platform dengan Jeep Wrangler. Mengapa demikian?

Di sela-sela acara North American Auto Show (NAIAS) 2017, bos besar FCA Sergio Marchionne kembali menegaskan bahwa perusahaannya akan kembali menghidupkan legenda SUV mereka, yaitu Jeep Wagoneer.

Seperti dilansir dari Carscoops.com (11/1) Marchione menjelaskan, Wagoneer dan Grand Wagoneer nantinya akan menjadi SUV super mewah yang akan berhadapan langsung dengan Range Rover.

Bahkan, perkiraan harganya pun tergolong fantastis di angka US$100 ribu sampai US$140 ribu atau setara Rp 1,3 Milliar - Rp 1,8 Milliar.

Kabarnya, Grand Wagoneer akan dihadirkan sebagai SUV dengan wheelbase yang panjang, sedangkan Wagoneer akan jadi versi pendeknya.

Namun, ada satu pernyataan bos FCA yang terdengar kontroversional, yakni Next Gen Grand Cherokee akan menggunakan SUV dengan kostruksi body on frame alias SUV bersasis.

Cukup mengherankan, karena struktur kuno seperti itu justru mulai ditinggalkan oleh para produsen mobil. Alasan utamanya adalah kurang efisien karena membuat bobot kendaraan menjadi lebih berat dan dianggap kurang aman karena chassis tangga dinilai tidak memiliki daya serap benturan sebaik sasis monokok.

Walau demikian, chassis tangga (ladder frame) memiliki beberapa kelebihan, yakni lebih murah dalam mengembangkan bentuk, sehingga mampu menekan biaya produksi.

Meski lebih murah, bukan lantas membuat Wagoneer menjadi mobil murahan. Jika melihat dari peta persaingan SUV secara luas, masih banyak model lain yang masih setia dengan chassis tersebut.

Sebagai contohnya, Mercedes-Benz G-Class, Land Cruiser 200 Series/Lexus LX, Nissan Patrol ataupun jagoan lokal Amerika seperti Chevrolet Tahoe/Suburban ataupun Cadillac Escalade yang juga menggunakan ladder frame.

Sejauh ini, kami belum mendapat informasi lebih lanjut dari FCA alasan mereka menggunakan chassis ladder frame untuk mobil barunya. Meski demikian, besar kemungkinan Wagoneer juga akan berbagi konstruksi dengan New Wrangler.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com