Hadirnya airbag cukup menjadi bukti bahwa perangkat ini cukup signifikan menyelamatkan nyawa penumpang. Namun penumpang wajib menggunakan safety belt.

Global NCAP: Mobiilio, Beda Varian Beda Hasil Uji Test Tabrak

 
Global NCAP: Mobiilio,  Beda Varian Beda Hasil Uji Test Tabrak

Hadirnya airbag cukup menjadi bukti bahwa perangkat ini cukup signifikan menyelamatkan nyawa penumpang. Namun penumpang wajib menggunakan safety belt.

Global New Car Assessment Program (GNCAP) mengumumkan beberapa hasil tes tabrak. Honda Mobilio menjadi salah satu mobil yang cukup mengejutkan hasil perolehan rangking tabrakannya.

Organisasi yang bermarkas di Inggris Raya ini melakukan pengujian pada dua Honda Mobilio dengan tipe yang berbeda. Kedua Honda tersebut merupakan rakitan Greater Noida, fasilitas perakitan milik Honda India.

Mobil pertama adalah versi entry level, tanpa dilengkapi dengan perangkat SRS-Airbag. Hasil test yang dilakukan menunjukkan menyedihkan, bahwa Mobilio standar ini tidak meraih satu bintang pun pada Adult Occupant Protection (AOP) dan hanya meraih satu bintang pada Child Occupant Protection (COP).

Hasil pada Test Crash Dummies atau boneka peraga tes tabrak menunjukkan hasil yang buruk terutama pada bagian kepala.

Sementara kondisi berbeda terjadi pada tipe Honda Mobilio yang dilengkapi dengan perangkat airbag. Hasil tabrak mobil dengan menggunakan perangkat keamanan ini menunjukkan hasil yang cukup berbeda dengan versi non airbagnya.

Versi dengan dual SRS Airbags ini mampu meraih tiga bintang pada bagian uji AOP dan dua bintang untuk COP. Jelas berbeda jauh efek penggunaan SRS Airbags.

Hasil test menunjukkan bahwa terdapat luka parah pada kepala yang ditandai dengan warna merah.
Hasil dengan dua airbag mereduksi secara signifikan dampak benturan pada kepala

"Honda juga telah menunjukkan bahwa dengan penambahan peranti dua airbag produknya dapat mencapai tiga bintang. Suatu bukti bahwa seharusnya sistem keamanan ini tidak lagi menjadi pilihan," kata David Ward, Sekretaris Jenderal Global NCAP.

“Honda paham betul dengan efek dari keberadaan peranti safety ini. Dari hasil ini, kami mengharapkan bahwa Honda menetapkan standar keselamatannya sekarang juga,” tutup Ward.

Dan memang, Honda secara menyeluruh sudah menetapkan standar keselamatan, termasuk pada Honda Mobilio yang dipasarkan di Indonesia. Tetapi, seperti dipasarkan di Indonesia, Honda Mobilio telah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags.

Berikut Video Global NCAP Honda Mobilio Tanpa Airbags :

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com