Angka konsumsi BBM tersebut didapat dari hasil lomba irit media dalam acara All New Ertiga Tripventure. Tentunya konsumsi bahan bakar pengguna ditentukan oleh cara mengemudinya masing-masing.

Hasil Uji Jalan Media : BBM All New Ertiga Matik 25,89 Km/L

 
Hasil Uji Jalan Media : BBM All New Ertiga Matik 25,89 Km/L

Angka konsumsi BBM tersebut didapat dari hasil lomba irit media dalam acara All New Ertiga Tripventure. Tentunya konsumsi bahan bakar pengguna ditentukan oleh cara mengemudinya masing-masing.

Irit BBM jadi ciri khas mobil-mobil bikinan Suzuki termasuk All New Ertiga yang menjadi tulang punggung di segmen kendaraan penumpangnya. Pabrikan berlogo S ini pun menggembar-gemborkan bahwa LMPV ini mampu menyuguhkan jarak tempuh yang cukup memuaskan untuk tiap liternya.

Dan kami pun mendapatkan kesempatan untuk memberikan pembuktian melalui gelaran All New Ertiga Tripventure beberapa waktu silam. Dalam tantangannya Suzuki melibatkan tujuh All New Ertiga (2 transmisi manual dan 5 otomatik) yang akan beradu irit dengan menggambil start dari pabrik Suzuki di Cikarang dan finish di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Jarak yang sudah dipastikan adalah 184 km, dengan mayoritas menyusuri jalur tol Trans Jawa.

Sebelumnya semua mobil telah diisi penuh dan tutup tangki bahan bakarnya disegel dengan stiker. “Semua kendaraan dalam kondisi AC ON dan tersegel, dengan asumsi untuk mendapatkan gambaran lebih riil mendekati kondisi saat dipakai sehari-hari,” terang Aris Indratmojo, Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat memberikan materi dan briefing dalam kegiatan ini. Kebetulan Carreview.id dan tiga rekan jurnalis lainnya mendapat mobil bertransmisi otomatik.

Tepat jam 9.30 WIB, mobil dilepas dari fasilitas terbesar Suzuki di Indonesia tersebut. Kondisi cuaca cukup panas, berdasarkan data dari telepon genggam menunjukan temperatur 36 derajat Celcius. Beruntung perjalanan di ruas Cikampek relatif lancar walau sempat sedikit tersendat.

Keraton Cirebon pun jadi lokasi untuk menghitung dengan detail konsumsi bahan bakar yang masing-masing gunakan. Penghitungan cukup sederhana dengan menggunakan bejana takar dan dilakukan metode full to full.

Alhasil mobil kami tercatat menghabiskan 7,38 liter bahan bakar Pertamax untuk jarak 184 km atau 24,9 km/liter. Ini bukan hasil terbaik untuk varian Ertiga karena kami hanya menduduki urutan ke empat dan lima mobil yang ada. Hasil terbaik berhasil diraih dengan jumlah konsumsi 6,2 liter atau 29,6 km/liter.

Secara akumulatif dari lima Ertiga matik, rata-rata menenggak bensin 25,89 km/liter. Bagaimana dengan varian manual?

Sepertinya versi manual menunjukkan keunggulannya dalam konsumsi bensin. Posisi terbaik mencatat angka 5,5 liter atau 33,45 km/liter. Dengan hasil akumulatif 30,25 km/liter. Namun, kondisi ini didapat dalam sebuah lomba irit yang dilakukan media. Bisa jadi hasil yang didapat oleh konsumen akan berbeda-beda, mengingat banyak faktor menentukan tingkat konsumsi bahan bakar. Seperti cara mengemudi yang berbeda-beda, juga faktor teknis lain seperti, permukaan jalan, tekanan angin ban, tingkat oktan bahan bakar yang digunakan serta kecepatan rata-rata yang ditempuh.

 

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com