Hilangkan Tuas Transfercase, Mitsubishi Triton 2019 Jadi Lebih 'User Friendly'
Sesuatu yang dulu dianggap 'wajib' dalam dunia 4x4, yakni tuas transfercase tidak lagi ditemukan, bahkan pada varian terendah sekalipun dari New Triton.
Akhir pekan silam, Mitsubishi memperkenalan facelift pada model All New Triton. Tak hanya menerima ubahan pada bagian wajah saja, namun pick up Mitsubishi yang sudah mengalami 'masa tayang' menginjak 40 tahun ini juga mendapat ubahan pada sektor mesin, transmisi, sistem penggerak 4x4 dan sejumlah penambahan fitur modern lain dibandingkan generasi sebelumnya.
Meski begitu, bagi pengguna Triton lawas, mungkin merasa ada yang kurang saat memasuki kabin model Triton terbaru. Hal tersebut karena pada New Triton tidak terdapat tuas pemindah gigi tranfercasenya.
Mitsubishi memutuskan untuk melakukan penggantian mode pengoperasian tranfercasenya dengan sebuah selector yang ditempatkan pada konsol bagian tengah. Selektor ini bekerja secara elektris yang kemudian menggerakkan beberapa perangkat mekanis yang ada pada unit tranfercase saat melakukan pemindahan mode mengemudi dari 4x2 ke 4x4 High ataupun 4x4 Low.
Keputusan pengantian ke model selektor ini berlaku untuk semua tingkat varian 4x4 dari keluarga Triton, termasuk varian entry level sekalipun. Sepertinya keputusan ini diambil lantaran dinilai lebih user friendly ini.
Sebenarnya jenis pemindahan sistem dengan model selektor ini bukan hal yang baru bagi Triton. Sejak diperkenalkannya generasi V pada 2015 silam, sebagian besar dari trim level Triton telah menggunakan model selektor. Hanya pada varian terendah saja yang masih menggunakan tuas pemindah tradisional.