Secara teori, girboks tiga kopling lebih responsif dan ekonomis dari girboks matik kopling ganda.

Honda Patenkan Transmisi 11 Percepatan Dengan Tiga Kopling

 
Honda Patenkan Transmisi 11 Percepatan Dengan Tiga Kopling

Secara teori, girboks tiga kopling lebih responsif dan ekonomis dari girboks matik kopling ganda.

Berapakah batas tingkat percepatan pada girboks modern? Baru-baru ini Honda mematenkan girboks 11 percepatan dengan sistem yang berbeda dibandingkan yang sudah ada.

Menurut dokumen yang berhasil ditemukan oleh Autoguide yang diajukan pada kantor paten di Jepang. Mekanisme girboks 11 percepatan ini menggunakan tiga kopling yang akan membuatnya lebih responsif dibandingkan dua kopling (Dual Clutch/DSG) yang selama ini banyak dikenal.

Dijelaskan bahwa girboks dengan mekanisme tiga kopling ini lebih responsif pada perubahan kecepatan. Kopling ketiga membuat sistem transmisi itu tak lagi memerlukan torque removal seperti yang ditemukan pada sistem dengan kopling ganda.

Secara teori girboks dengan tiga kopling ini bisa melakkukan perpindahan gigi, tanpa harus kehilangan putaran optimal mesin dan tentunya akan semakin ekonomis dalam hal pemakaian bahan bakar.

Aplikasi paten tersebut diterbitkan pada bulan Mei dan menjadi milik Honda Motor Co Ltd dan Izumi Masao sebagai penemunya. (18/7)

Meskipun demikian, dalam hal transmisi 11 percepatan, sebenarnya Honda tidaklah sendirian. Tahun lalu Ford telah mempatenkan transmisi 11 percepatan juga, namun dengan mekanisme kerja yang berbeda

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com