Kita pasti akan mengganti ban yang aus karena pemakaian, tapi alangkah baiknya kita mengetahui dulu cara memilih ban yang sesuai untuk kendaraan kita. Berikut tipsnya.

Ingin Mengganti Ban? Baca Dulu Tips Yang Satu Ini

 
Ingin Mengganti Ban? Baca Dulu Tips Yang Satu Ini

Kita pasti akan mengganti ban yang aus karena pemakaian, tapi alangkah baiknya kita mengetahui dulu cara memilih ban yang sesuai untuk kendaraan kita. Berikut tipsnya.

Untuk merubah tampilan mobil dengan sewajarnya, rasanya ban dan pelek merupakan perangkat yang paling mudah diganti. Menambah ukuran pelek atau memperbesar diameter ban, sudah bukan rahasia lagi dapat merombak tampilan mobil secara signifikan.

Pada kesempatan kali ini, Carreview.id coba memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan konsumen saat memilih ban dan teknik apa yang perlu diterapkan agar nantinya mobil Anda tetap dapat dipergunakan dengan maksimal, sehingga ban baru yang telah dibeli dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Pilihlah ban yang ukurannya telah ditetapkan oleh pabrikan, jika ingin mengganti dengan yang lebih besar,  tanyakan ke montir ban ukuran yang sesuai agar fungsinya tetap maksimal.
  2. Saat memilih ban, pastikan ban yang Anda pilih memiliki grip yang baik. Lihat juga alur ban, jangan sampai ada benda asing yang menempel seperti logam ataupun paku.
  3. Ketika memasang ban usahakan tidak menimbulkan luka atau cacat di sekitar bead ban tubeless. Karena efeknya akan menimbulkan kebocoran udara, maka saat memasang ban pakailah bahan pelumas yang direkomendasikan.
  4. Lakukan spooring dan balancing setelah ban baru terpasang, hal ini dapat meningkatkan kualitas ban dan memperbaiki pengendalian mobil.
  5. Setelah mengganti dengan ban baru, lakukan uji jalan sejauh 100-200 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Hal ini agar pengemudi langsung dapat menyesuaikan dengan karakter ban tersebut.

Petunjuk di atas dapat langsung diaplikasikan kala Anda sedang memilih ban dan mulai menggunakannya. Perlu juga diketahui, merubah ukuran ban dan tipe ban akan merubah karakter pergerakannya, maka agar menjadi terbiasa, menyetirlah dengan hati-hati.

Sumber : Bridgestone.co.id

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com