Saat ini semua produk Tata di India sudah menganut standar Euro 4.

Inilah Strategi Khusus Tata Motors Hadapi Standar Euro 4

 
Inilah Strategi Khusus Tata Motors Hadapi Standar Euro 4

Saat ini semua produk Tata di India sudah menganut standar Euro 4.

Penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia sudah ada di depan mata. Jika tidak ada aral melintang, pada Oktober mendatang Indonesia resmi memberlakukan standar emisi baru yang lebih ramah lingkungan ini.

Tata Motor sebagai pabrikan yang kini hanya menjajakan kendaraan dengan mesin diesel buka suara mengenai kesiapan pabrikan India tersebut untuk mengadopsi standar baru ini.

“Saat ini jajaran produk kami, baik dari mobil komersial ringan hingga berat sepenuhnya menggunakan mesin diesel. Hingga saat ini kami menggunakan standar emisi Euro 2 hingga Euro 3 untuk unit yang dijual di Indonesia,” terang jelas Mohammad Arief Budiman selaku Technical Training PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI)saat kami temui di kawasan Jakarta Pusat (4/6).

“Secara teknis beberapa produk kami memang sudah menggunakan mesin dengan standar Euro 4 dan bahkan saat ini harus dire-engineering untuk dapat minum solar dalam negeri yang saat ini menggunakan standar Euro 2. Jadi untuk kembali ke habitatnya Euro 4,” sambungnya.

Namun bagaimana nasib produk-produk Tata lainnya yang belum menganut sistem commonrail?

“Standar Euro 4 menggunakan sistem commonrail, sementara seperti Tata Ace masih menggunakan mesin diesel konvensional. Tidak ada masalah bagi kami, karena di India pun sebenarnya produk yang diproduksi sudah menggunakan standar Euro 4, jadi bisa dikatakan tinggal diambil saja,” tambah Kiki Fajar Manager Marketing Communications TMDI.

Jika mengacu pada rencana pemerintah, pemain diesel masih memiliki waktu untuk beberapa tahun lagi untuk benar-benar berdiri dengan spesifikasi Euro4. Khusus untuk diesel standar Euro4 masih akan diberlakukan pada 2021 nanti.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com