Toyota raih posisi tertinggi dalam layanan pelanggan, disusul Nissan, Mitsubishi dan Daihatsu. Di luar penilaian JD Power ini, ada jg fasilitas Toyota Home Service yang juga menguntungkan konsumen.

JD Power : Toyota Ungguli Nissan dan Mitsubishi Dalam Tingkat Kepuasan Pelanggan

 
JD Power : Toyota Ungguli Nissan dan Mitsubishi Dalam Tingkat Kepuasan Pelanggan

Toyota raih posisi tertinggi dalam layanan pelanggan, disusul Nissan, Mitsubishi dan Daihatsu. Di luar penilaian JD Power ini, ada jg fasilitas Toyota Home Service yang juga menguntungkan konsumen.

J.D. Power mengeluarkan hasil studi mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dealer di Indonesia. Sebanyak 3.041 pemilik kendaraan telah memberikan respon yang positif dan memilih produsen mana yang berhak menerima penghargaan bergengsi tersebut. 

Hasil polling ini telah dilakukan J.D. Power dari Februari hingga Juni 2016. Penilaian yang dilakukan oleh JD Power meliputi ketepatan pengaturan jam operasional yang lebih efisien dari dealer. Hal ini mencakup ketepatan waktu dari pengerjaan servis atau perbaikan kendaraan sesuai dengan jadwal dan estimasi waktu yang diberikan oleh dealer.

Secara keseluruhan, tingkat kepuasan pelayanan pelanggan tahun 2016 mencapai rata-rata 765 dari skala 1.000 atau naik 4 poin dari tahun 2015. Kompetisi semakin ketat karena empat merek dengan peringkat tertinggi dipisahkan hanya oleh 4 poin.

Dari studi ini juga telah ditemukan fakta lain. Ternyata sebanyak 80% konsumen di Indonesia rela menunggu hingga 2 jam saat mobilnya sedang diservis di dealer, hasil ini merupakan yang tertinggi dibanding negara ASEAN lainnya. Dengan kata lain, banyak konsumen di Indonesia yang rela memperhatikan atau menunggu langsung di dealer ketika mobilnya mendapatkan perawatan.

Dari hasil survey, Toyota mendapat peringkat tertinggi dalam kepuasan pelayanan secara keseluruhan di antara merek mass market, dengan nilai 769. Toyota tampil sangat baik dalam hal konsultan layanan, fasilitas servis, dan kualitas servis. Nissan berada di peringkat kedua (767), diikuti oleh Mitsubishi (766) dan Daihatsu (765).

Selain pelayanan di dealer tersebut, mungkin ada hal lain yang bisa diikuti oleh merek lain untuk memuaskan pelanggannya. Seperti fasilitas THS (Toyota Home Service) yang bisa memuaskan pelanggannya di manapun berada. Karena konsumen dimudahkan untuk perawatan rutin, maupun reparasi ringan yang bisa dilakukan oleh mekanik Toyota di rumah, dengan prosedur standar yang ditetapkan.

Di situ letak perbedaan pelayanan antara Toyota dibandingkan produsen mobil lainnya di Indonesia.

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com