Beralas besi bordes dan tanjakan dengan kemiringan 31 derajat, Xpander buktikan bahwa fitur keamanan aktifnya mumpuni menaklukkan medan tersebut.

Mobil Berpenggerak Roda Depan Payah Di Tanjakan? Tak Berlaku Untuk Mitsubishi Xpander

 
Mobil Berpenggerak Roda Depan Payah Di Tanjakan? Tak Berlaku Untuk Mitsubishi Xpander

Beralas besi bordes dan tanjakan dengan kemiringan 31 derajat, Xpander buktikan bahwa fitur keamanan aktifnya mumpuni menaklukkan medan tersebut.

Salah satu fitur keamanan aktif milik Mitsubishi Xpander yang cukup diandalkan adalah Active Stability Control (ASC) with Traction Control Logic (TCL). Fitur ini merupakan senjata rahasia LMPV rakitan dalam negeri tersebut untuk meminimalisir kehilangan traksi pada ban.

Walau sudah mencoba beberapa kali mobil ini, namun sepertinya momen untuk merasakan fitur ini belum kunjung datang. Sampai pada kesempatan Mitsubishi membuat suatu medan simulasi yang disebut sebagai sky bridge pada suatu ajang pameran otomotif di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Inilah saatnya Carreview.id berkesempatan merasakan langsung kemampuan fitur ‘rahasia’ mobil yang tengah menjalani bulan madunya ini, kebetulan saat pengujian kami juga ditemani empat penumpang lainnya, sehingga ada lima orang penumpang di kabin.

Sky Bridge sendiri merupakan medan buatan dengan ramp beralas besi bordes dan dibuat dengan kemiringan 31 derajat dengan ketinggian setara dua kontainer 40 feet High Cube, atau sekitar 5,4 meter.

Pada kesempatan ini kami menggunakan Mitsubishi Xpander Ultimate bertransmisi matik. Dalam demontrasinya, pihak Mitsubishi menunjukkan kemampuan mobil andalannya ini untuk naik pada tanjakan buatan tersebut, menaikinya dengan smooth tanpa ancang-ancang tepat di ujung ramp.

Mesin 1.500 cc dengan torsi 141 Nm pun menunjukkan kinerjanya. Ban depan sebagai tempat muntahan kinerja mesin ini nampak mencekram permukaan ramp dengan baik.

Tiba di pertengahan ramp, mobil dengan sengaja dihentikan lajunya. Giliran fitur Hill Start Assist unjuk gigi menahan mobil yang tengah menanjak tersebut tidak merosot ke bawah.

Beberapa detik kemudian perjalanan dilanjutkan. Tetap dalam posisi shifter D laju Xpander diteruskan. Dengan beban empat penumpang di dalamnya, mobil ini kembali melaju. Sempat terasa sedikit selip pada ban sebelah kanan namun kemudian terasa kinerja fitur traction control mengatur cengkraman ban depan kiri dan kanan.

Tanpa kewalahan, mobil ini sampai pada posisi teratas dari wahana Sky Bridge dan kemudian turun ke tempat semula. Dengan demikian fitur telah bekerja dengan baik pada unit Xpander.

Sayangnya, Active Stability Control (ASC) with Traction Control Logic (TCL) ini belum menjadi standar bagi semua varian. Fitur ini hanya terdapat pada varian Ultimate dan Sport yang hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatik.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com