Sirkuit panjang ini kerap menjadi patokan rekor kecepatan berbagai pabrikan. Nissan GT-R Nismo terbaru berencana mematahkan rekor sebelumnya di sirkuit sepanjang 24,4 km itu.

Nissan : Inilah Nissan GT-R Nismo 2017 Ingin Mencetak Rekor Baru di Nurburgring

 
Nissan : Inilah Nissan GT-R Nismo 2017 Ingin Mencetak Rekor Baru di Nurburgring

Sirkuit panjang ini kerap menjadi patokan rekor kecepatan berbagai pabrikan. Nissan GT-R Nismo terbaru berencana mematahkan rekor sebelumnya di sirkuit sepanjang 24,4 km itu.

Nissan sengaja mengambil lokasi Nurburgring Jerman sebagai tempat untuk kemunculan perdana sang legenda GT-R NISMO model teranyar. 

Nurburgring yang terkenal sebagai trek balap terpanjang dan paling menantang ini memiliki sejarah panjang pada pengembangan Nissan GT-R NISMO 2017. Bak kawah candradimuka Nurburgring menjadi lokasi GT-R NISMO diasah, disetel dan dievaluasi performanya.

Nissan

Dikutip dari situs Nissan global, model terbaru GT-R NISMO 2017 ini memiliki penyegaran di “wajah” yang ditandai oleh aplikasi bumper baru.

Tidak seperti model standar, bumper depan Nissan GT-R NISMO 2017 terbuat dari serat karbon, dibuat dengan presisi di mana lapisan lembar serat karbon secara hati-hati tumpang tindih untuk mencapai tingkat kekakuan ideal.

Bagian canard (sudut samping bumper) dirancang untuk meningkatkan aliran udara di sekitar kendraan dan menghasilkan downforce yang tinggi. 

Nissan mengklaim bahwa GT-R NISMO ini merupakan model dengan downforce tertinggi di antara model Nissan lainnya yang pernah ada, sehingga mendapat tingkat stabilitas luar biasa pada kecepatan tinggi.

Untuk membantu prosen pendinginan mesin, gril dengan krom gelap diperbesar ukurannya sehingga mampu mengumpulkan lebih banyak udara, tanpa mengurangi performa aerodinamika mobil.

Sebuah kap mesin baru secara signifikan diperkuat untuk menghindari deformasi pada kecepatan yang sangat tinggi, lagi-lagi untuk menjaga aerodinamika mobil ini.

Nissan

GT-R NISMO baru juga menyuguhkan penyegaran di bagian interior. Kabin dibuat lebih mewah dari generasi sebelumnya, dasbor didesain ulang, setir dan sandaran tangan dibalut dengan kulit berkualitas tinggi.

Tata letak dasbor disempurnakan sehingga navigasi lebih terintegrasi. Kontrol audio disederhanakan dengan mengurangi jumlah tombol dari 27 tombol di generasi sebelumnya menjadi hanya 11 tombol.

Monitor panel diperbesar dengan aplikasi layar sentuh 8 inci yang memudahkan pengoperasian karena menyediakan ikon dalam ukuran lebih besar. 

Nissan GT-R NISMO  2017 ini juga dilengkapi dengan jok karbon bucket bikinan Recaro.

Bagian ini pasti menjadi hal yang dinanti-nanti. Para insinyur menyempurnakan performa dengan meningkatkan kinerja all-wheel-drive. 

Struktur bodi yang kaku memerlukan penyesuaian pasa sokbreker, per spiral dan stabilizer yang dikombinasikan dengan penambahan downforce. Hasilnya handling lebih baik dari edisi sebelumnya.

Jantung pacu berkapasitas 3.800 cc, konfigurasi V6 dan dijejali turbocharge ganda. Adonan ini  menghasilkan tenaga 441kW (600PS). Walaupun terkesan sangar, Nissan GT-R NISMO 2017 tidak hanya buas untuk ditunggangi di trek lurus, tetapi juga bisa melahap jalan berkelok-kelok seperti di pegunungan atau sirkuit balap lokal Jepang dengan stabil dan nyaman.

Dijuluki VR38DETT, mesin GT-R NISMO menorehkan prestasi dalam kejuaraan motorsport di seluruh dunia. Perpaduan antara girboks 6-speed dual-clutch, sepasang high-flowturbocharger dengan diameter besar digunakan dalam kompetisi GT3.

Masing-masing mesin GT-R NISMO merupakan rakitan tangan dari awal sampai akhir yang dilakukan di sebuah ruang bersih khusus oleh teknisi yang cermat dan terlatih berlokasi di Yokohama, Jepang.

Nissan GT-R NISMO 2017 akan tersedia dalam lima warna eksterior yang berbeda.

"R yang merupakan kependekan dari “Racing” sengaja dilekatkan sebagai nama model ini. GT-R diharapkan memberikan efek yang baik dalam memberikan pengalaman berkendara yang memberikan kesenangan tersendiri. GT-R 2017 ini menjadi titik awal babak baru NISMO yang tidak hanya menawarkan kecepatan tetapi juga pengalaman premium di segala aspek," jelas Hiroshi Tamura, Chief Product Specialist Nissan GT-R NISMO dan GT-R standard.

Akankah kehadiran dan catatan waktunya mampu 'menggangu' para rivalnya, seperti pertama kali mobil ini diperkenalkan di dunia? Kita lihat saja nanti hasil catatan waktunya.

 

Data Spesifikasi (Eropa)
Kode:VR38DETT (DOHC)
Konfigurasi Mesin:V6
Kapasitas Mesin:3.800 cc
Tenaga Maksimum:441 kW (600 PS)/6.800 rpm
Torsi Maksimum:652Nm/3.600-5.600 rpm
   

 

Dimensi
Panjang keseluruhan :4.690 mm
Lebar Keseluruhan (exc: Spion):1.895 mm
Tinggi Keseluruhan:1.370 mm
Jarak Sumbu Roda:2.780 mm
 
 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com