Banyak kisah dan jasa Yamamoto dalam produk-produk Mazda, salah satunya mengembangkan mesin rotary.

Penemu Mesin Rotary Tutup Usia, Inilah Kisah Perjalanan Mesin Rotary Mazda

 
Penemu Mesin Rotary Tutup Usia, Inilah Kisah Perjalanan Mesin Rotary Mazda

Banyak kisah dan jasa Yamamoto dalam produk-produk Mazda, salah satunya mengembangkan mesin rotary.

Siapa tak mengenal Mazda RX-7 atau RX-8 ? Keduanya cukup kondang dengan mesin rotari bervolume kecil namun mampu menyemburka tenaga brutal.

Mazda memang bukan pemegang paten mesin rotari, namun pabrikan iniilah yang menyempurnakan kinerja mesin temuan Felix Wankel ini. Di bawah arahan Kenichi Yamamoto Mazda gemilang mengukir popularitas yang begitu mendunia dengan mesin tanpa piston ini.

Meski begitu, berita duka kini menyeliputi pihak Mazda, seperti dilansir oleh japanesenostsgiccar.com,(26/12), pada tanggal 20 Desember 2017 silam, Yamamoto meninggal dunia pada usia 95 tahun.

Melalui tangan dingin Yamamoto, produk Mazda bermesin rotari pertama muncul pada tahun 1964 dengan Mazda Cosmo Sport. Mobil ini dibekali dengan mesin twin rotor dan sekaligus menjadi mobil produksi pertama di dunia dengan dapur pacu twin rotor. Teknologi rotari twin rotor inilah yang menjadi ciri yang melatarbelakangi pengembangan mesin rotary Mazda di masa depan.

Jasa besar lain dari Yamamoto pada mesin rotari terjadi pada tahun 1970. Saat itu Mazda berhasil memperbaiki kelemahan fundamental mesin ini yang haus bahan bakar dan berhasil mereduksinya hingga 40%.

Yamamoto dilahirkan Hiroshima pada tahun 1922. Karirnya di Mazda di mulai pada 1945. Saat itu pabrikan ini masih menggunakan nama Toyo Kogyo. Pria ini tercatat memiliki karir yang gemilang dan beberapa tahun kemudia ia dipercaya untuk mengembangkan mesin rotari.

Dalam perjalanan karirnya di Mazda, ia menjadi presiden Mazda pada tahun 1985 dan kemudian menjadi chairman dua tahun setelahnya.

Sayonara …..bapak mesin rotari twin rotor 

Berkapasitas kecil, namun mampu muntahkan daya besar jadi ciri khas mesin rotari

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com