Kaca depan kendaraan kelak bisa dipergunakan sebagai layar besar untuk streaming

Revolusioner! Kelak Kaca Depan Mobil Akan Jadi Display Raksasa

 
Revolusioner! Kelak Kaca Depan Mobil Akan Jadi Display Raksasa

Kaca depan kendaraan kelak bisa dipergunakan sebagai layar besar untuk streaming

Kemunculan teknologi mobil autonomous alias mobil yang bisa menyetir sendiri, berpotensi mengubah drastis cara pandang orang mengenai mengemudi. Selain profesi pengemudi yang berada di ujung kepunahan, beberapa ritual dan peraturan mengemudi yang berlaku saat ini akan menjadi usang.

Salah satu gambaran yang dipaparkan oleh Hyundai Mobis cukup ekstrem. Windshield atau kaca depan mobil kelak akan berubah menjadi display raksasa dengan berfungsi layaknya layar smartphone.

Seperti dikutip dari carscoops(18/12), Hyundai Mobis akan memamerkan sebuah teknologi unik di Customer Electronic Show (CES) 2019, salah satu ajang pameran teknologi dan inovasi di Las Vegas Amerika Serikat, awal tahun depan.

Produsen dari Korea Selatan  ini  mengatakan bahwa kelak saat mobil didominasi oleh teknologi autonomous level 4 dan 5, maka sangat mungkin untuk mengaplikasikan teknologi layar kaca depan yang akan berfungsi sebagai display raksasa.

Kaca depan berteknologi tinggi ini akan transparan selama mode mengemudi manual, namun dapat diubah menjadi tampilan besar yang dapat digunakan untuk petunjuk navigasi, menampilkan film dan hiburan streaming saat kendaraan berada dalam mode mengemudi otonom. Kaca depan ini pun dapat dihitamkan jika pengemudi atau orang di dalam mobil tersebut menginginkan tingkat privasi yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, konsep ini memiliki teknologi sentuhan virtual yang mirip dengan kontrol gerakan (gesture) pada BMW. Alih-alih berinteraksi dengan sistem infotainment touchscreen tradisional, pengguna pun dapat membuat gerakan di udara untuk mengoperasikan layar, semisal untuk memilih film atau sekedar mengatur volume suara.

Lebih jauh lagi terdapat pula teknologi pengenalan konsep emosi. Hyundai Mobis menjabarkan bahwa sistem menggunakan kamera untuk menentukan suasana hati seseorang sehingga dapat mengubah secara otomatis interior kendaraan. Sistem ini juga bisa membuat berbagi suasana hati Anda dengan kendaraan lain di dekatnya.

Selain konsep interior, Hyundai Mobis akan memamerkan teknologi pencahayaan komunikasi yang memungkinkan kendaraan autonomous berkomunikasi dengan pejalan kaki dan kendaraan lain menggunakan unit pencahayaan cerdas.

 

 
Related
Updates

otodriver.com