Ada tiga nama MPV yang menduduki posisi tiga teratas.

Segmen MPV Rajai Penganugerahan Car Of The Year Versi Media Otomotif Nasional 2018

 
Segmen MPV Rajai Penganugerahan Car Of The Year Versi Media Otomotif Nasional 2018

Ada tiga nama MPV yang menduduki posisi tiga teratas.

Setelah tiga tahun berturu-turut posisi tertinggi diduduki oleh SUV dalam ajang Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) Car Of The Year, maka tahun 2018 ini pilihan para pewarta otomotif beralih pada segmen Multi Purpose Van (MPV).

Bahkan tak tanggung-tanggung, tiga urutan teratas diduduki oleh MPV dan kemudian menyusul SUV di belakangnya. Dari penilaian yang dilakukan, Mitsubishi Xpander berhasil unggul dengan memperoleh 216 poin, diikuti Suzuki Ertiga (160 poin), Wuling Cortez (160 poin), Toyota Rush (141 poin), dan DFSK Glory 580 (133 poin).

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas dan diikuti dengan kemunculan brand anyar asal Tiongkok yang mampu masuk dalam posisi lima besar,” terang Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (28/09).

Penilaian tahap awal melibatkan 60-an anggota Forwot dari berbagai media nasional baik cetak maupun online. Dari situlah kemudian muncul lima model yang keluar sebagai pilihannya.

Tahap kedua, Forwot melakukan seleksi  dengan melibatkan 33 jurnalis terpilih yang memiliki pengalaman dan jam terbang di dunia otomotif untuk memberikan penilaian. Penilaian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa. Hanya saja disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

"Selected juri-juri inilah yang melakukan penilaian secara online. Data penilaian yang masuk sangat rahasia, otomatis tertabulasi, dan tidak bisa dimanipulasi,” kata Raju Febrian, Ketua Dewan Juri Forwot Car of The Year 2018.

Ajang pemilihan tahun ini diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017 (32 mobil) dan tahun 2016 (28 mobil).

 

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com