PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan New Ertiga Diesel Hybrid yang tampil beda dari para pesaingnya. Apa modal utama low-MPV andalan Suzuki ini?

Suzuki : Ini Foto-Foto Detail dan Penjelasan Pembaruan New Ertiga Diesel Hybrid

 
Suzuki : Ini Foto-Foto Detail dan Penjelasan Pembaruan New Ertiga Diesel Hybrid

PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan New Ertiga Diesel Hybrid yang tampil beda dari para pesaingnya. Apa modal utama low-MPV andalan Suzuki ini?

Varian terbaru dari Suzuki Ertiga akhirnya resmi diperkenalkan, (7/2).

Mengusung nama New Ertiga Diesel Hybrid, beberapa perubahan coba diaplikasikan untuk membuat low-MPV asal India ini laris di tanah air.

Apa saja yang membuatnya cukup bernilai untuk dimiliki? Kali ini Carreview.id berkesempatan merasakan langsung sensasi mengendarainya selama dua hari.

Berikut carreview.id coba mengungkapkan keunggulannya.

Mesin diesel D13A, DDiS, DOHC, SHVS berkapasitas 1.248 cc

Mengandalkan mesin diesel 4-silinder, mobil ini memiliki tenaga 89 dk/4.000 rpm, sementara torsi puncaknya menyentuh angka 200 Nm/1.750 rpm.

Untuk bersaing dengan low-MPV di Indonesia. Ertiga terbaru dipersenjatai dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), seperangkat sistem teknologi pada mesin New Ertiga Diesel Hybrid yang punya tiga komponen utama, antara lain, Mesin Diesel D13A, baterai berkapasitas 12V 70Ah, dan Integrated Starter Generator.

Hasilnya, mobil lebih bertenaga dan juga hemat bahan bakar.

Penghematan bahan bakar yang cukup signifikan, merupakan salah satu andil dari fitur baru yang mereka miliki, Idle Start/Stop.

Tombol baru untuk sensor parkir, Idle Start/Stop, foglamp dan leveling feature

Lalu, bagaimana prasyarat agar fitur idle Start/Stop pada Ertiga Diesel Hybrid dapat berfungsi? Pertama, pastikan pengemudi menggunakan safety belt, kemudian pintu mobil & kap mesin harus tertutup rapat, tidak menginjak pedal kopling, posisi gigi netral, mesin idle.

Jika persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka fitur Idle Start/Stop akan berfungsi dengan sendirinya.

Fitur ini dianggap cocok untuk mobil yang sering berjibaku dengan kemacetan kota seperti di Jakarta, mobil jadi lebih hemat bahan bakar.

Dari hasil uji tes konsumsi bbm yang dilakukan Carreview.id, hasilnya cukup istimewa. Perjalanan dari Jakarta hingga Ciawi, Bogor, CR berhasil mencatatkan 31,7 km / liter.

Selain pembaruan yang diaplikasikan pada mesin dan sistem kerja mesin baru. Ternyata PT SIS juga menambah beberapa komponen untuk memanjakan para customer New Ertiga Diesel Hybrid.

Power window, kini dilengkapi dengan Auto Down

Meskipun kecil, tambahan komponen-komponen yang diaplikasikan, sangat berguna untuk penumpang New Ertiga Diesel Hybrid.

Sekarang ada heater untuk menghangatkan kabin Ertiga

Kini mobil MPV terlaris buatan Suzuki ini juga punya indicator gear shift seperti Karimun Wagon R, yang berfungsi menganjurkan Anda berpindah ke posisi gigi terbaik saat berkendara.

Indicator gear shift terdapat di MID

Untuk memberi ciri khas sebuah Ertiga Diesel Hybrid, maka Suzuki memasang emblem Hybrid ZDi di bagian belakang.

Ragam pembaruan yang ditampilkan telah membuat New Ertiga Diesel layak disebut kuda hitam di pasar MPV tanah air.

Belum ada yang menerapkan hal ini pada mobil sekelas low-MPV.

Meski demikian, PT SIS telah melabeli banderol lebih mahal Rp 5,5 juta dibandingkan New Ertiga tipe GX lawas. 

Untuk menebus New Ertiga Diesel Hybrid, Anda perlu menyiapkan mahar sebesar Rp 219,5 juta.

Jika tertarik, ada tiga pilihan warna yang bisa Anda pilih, antara lain Superior White, Silky Silver Metallic, dan Granite Gray Metallic.

Sayangnya, mobil yang masih didatangkan langsung dari India ini, hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual.

 
Related
Updates
Popular

    otodriver.com